Activities at Van Der Pijl Park as Social Studies Learning Resources
Abstract
Pembelajaran kontekstual merupakan kegiatan yang mengajak peserta didik melihat dunia nyata di sekitar sekolah dan luar sekolah. Pembelajaran yang hanya terfokus pada satu sumber dan di satu setting tempat saja membuat peserta didik merasa jenuh. Sebagai salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru adalah melibatkan tempat wisata sebagai sumber belajar IPS. Sejalan dengan pemanfaatan lingkungan dengan pembelajaran IPS maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan taman Van Der Pijl sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif dan data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pemanfaatan taman van der pijl sebagai sumber belajar IPS dilakukan dengan melihat aktivitas yang ada di taman seperti interaksi sosial, aktivitas jual beli, taman sebagai pusat pertumbuhan dan taman hijau di kota Banjarbaru yang bisa dijadikan sumber belajar IPS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru (Cetakan pertama). Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan.
Abbas, E. W., Muhammad Rezky Noor Handy, Rizky M. Shaleh, & Noorya Tasya Febrylia Witari Hadi. (2020). Ecotourism Of Martapura River Banjarmasin As A Learning Resources On Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1.
Ahya, R. R., Syaharuddin, & Akhmad Munaya Rahman. (2020). The Caring Attitudes for Environment of Lanting Householders as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2.
Ajidayanti & Ersis Warmansyah Abbas. (2019). Utilization of Tourism Bekantan Mascot as a Learning Resource On Social Studies. Journal The Innovation of Social Studies Journal, 1.
Anton, M. M. (2001). Aktivitas Belajar. Yrama.
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231–246. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610
Etiningsih, E. (2016). Fungsi Taman Kota Sebagai Ruang Publik (Studi Di Taman Merdeka Kota Metro [Skripsi]. Universitas Lampung.
Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS Filosofi Konsep dan Aplikasi (1 ed.). Alfabeta.
Gunawan, W. Y. (2014). Kontribusi Usaha Perkebunan Nenas Pemerintah Kabupaten Siak dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Teluk Batil Kecamatan Sungai Apit) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim]. http://repository.uin-suska.ac.id/6426/
Ilhami, M. R., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., & Jumriani, J. (2022). The Social Values of the Banjar People in Traditional Markets. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 71-83.
Ismartoyo, & Haryati, Y. (2017). Pengembangan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Melalui Rekreasi Matematika Di Pendidikan Anak Usia Dini Dan Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.26714/jkpm.4.1.2017.%p
Mutiani, M., Abbas, E. W., Sandi, H. A. A., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2022). Promoting Creative Learning in Social Studies by Exploring Floating Cage Fish Cultivation Activities as Learning Resources. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3973-3980.
Mutiani, M., Rahman, A. M., Permatasari, N., Abbas, E. W., & Putra, M. A. H. (2021). Kecerdasan Ekologis Perajin Tanggui di Bantaran Sungai Barito. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1).
Putra, M. A. H. (2019). Building character education through the civilization nations children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12-17.
Putra, M. A. H., Mutiani, M., Jumriani, J., Ramadhan, S., & Rahmatina, R. (2020). Utilization Learning Management System (LMS) of Ruang Guru for Education Teachers in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 31-38.
Putro, H. P. N., Putra, M. A. H., Ilhami, M. R., Handy, M. R. N., & Zulfah, S. (2022). Social Interaction of Riverside Communities on River Utilization in Banua Anyar Village. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 46-52.
Putro, H. P. N., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Abbas, E. W., Jumriani, J., & Ilhami, M. R. (2022). Social Capital of Micro, Small and Medium Enterprises in Kampung Purun for Improving Entrepreneurship Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1669-1680.
Saputri, S. N., Arifien, M., & Sholeh, M. (2013). Efektivitas Buklet Pariwisata Kabupaten Tegal Berwawasan Lingkungan Hidup Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Adiwerna Kabupaten Tegal. Edu Geography, 2(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/2205
Subiyakto, B., Jumriani, J., Abbas, E. W., Muhaimin, M., & Rusmaniah, R. (2022). Community Economic Empowerment Through The Existence of Thematic Village. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 01-10.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Syaharuddin & Mutiani. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Rajiani, I., Rusmaniah, R., & Mutiani, M. (2022). The Role of Banjar Women in Improving the Family Economy on the River Banks of Banua Anyar Village. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 91-98.
Syahrin, M. A., Syaharuddin, & Akhmad Munaya Rahman. (2020). Environmental Awareness of Kampung Hijau Society, Sungai Bilu Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1.
Rusli, R., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2021). Aktivitas Sosial Masyarakat Kampung Pelangi Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 1-8.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips. Satya Widya, 33(1), 29–36. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v4i1.3710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 The Kalimantan Social Studies Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats