Integration of Local Content on Scarcity Materials as Economic Problems and Needs
Abstract
Pada buku teks pelajaran IPS, konten yang terdapat di dalamnya dominan membahas tentang daerah luar, sedangkan konten daerah masih sedikit. Pada kenyataannya setiap daerah mempunyai perbedaan khususnya pada materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi dan kebutuhan manusia, kebutuhan manusia daerah satu dengan yang lainnya berbeda satu sama lain yang dipengaruhi lingkungannya. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan integrasi konten lokal pada materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi dan kebutuhan manusia. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Strategi pencarian literatur melalui buku, google scholar, serta ebook dengan kata kunci yang sudah dipilih. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa buku teks pada materi kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi dan kebutuhan manusia kurang memuat contoh kontekstual pada lingkungan peserta didik, sehingga bisa ditambahkan sesuai dengan kondisi sosial dan lingkungan yang ada di daerah sekitar peserta didik khususnya di Kalimantan Selatan. Materi kelangkaan dapat dicontohkan kelangkaan bahan pangan saat terjadi banjir di Kalimantan Selatan tahun 2021. Sedangkan materi kebutuhan dapat dicontohkan melalui adanya saling ketergantungan antara masyarakat desa di Kecamatan Satui yang memiliki bahan mentah kelapa sawit dan masyarakat kota yang dapat memproduksi bahan bakar dan elpiji yang diperlukan masyarakat desa di Kecamatan Satui.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2013). Kurikulum 2013: Mengembalikan Pips Ke-Hittah-Nya. Mewacanakan Pendidikan IPS, 21
Abbas, E. W. (2014). Mewacanakan Pendidikan IPS. FKIP Unlam Press.
Abbas, E. W., Mutiani, M., & Porda, H. (2021). PENDIDIKAN IPS; Konsep dan Implementasi.
Ahmad, R. (2018). Pembelajaran IPS dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Kota Ternate. STKIP Kie Raha Ternate.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Jumriani, J., Subiyakto, B., Hadi, S., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2022). Education of Social Regulation Through Social Institution Materials in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 118-127.
Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Vol 01, 1–10.
Maulana, I., Abbas, E. W., & Ridha Ilhami, M. (2022). Integration of Local Content Into Class IX Textbook of Centers of Economic Advantage. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 2723–1119. https://doi.org/10.20527/iis
Nazar, N. (2019). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2. (2008).
Rahmawati, G. (2016). BUKU TEKS PELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SMAN 3 BANDUNG. Edulib, 5(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307
Rusmiati, D. (2020). Perkembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar.
Santi, R. (2018). Cultural Memory and Dialogue between Cultures. A Philosophical Perspective, 8(2), 78–81.
Setiawan, I., Dedi, Suciati, & Muslih, A. (2016). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. Kemendikbud.
Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan buku teks tematik berbasis kontekstual (Doctoral dissertation, State University of Malang
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Kencana.
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i2.3715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats