Community Social Activities in Murjani Field as A Learning Resource on Social Studies

Sri Wahyuni, Mahmudah Hasanah, Jumriani Jumriani

Abstract


Banjarbaru terdapat ruang publik yang dimanfaatkan dalam berbagai aktivitas masyarakat yaitu Lapangan Murjani yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkegiatan sehari-hari dan dari aktivitas ini yang beragam jenisnya, selanjutnya dimanfaatkan dalam materi ajar IPS. Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan bentuk aktivitas sosial masyarakat di Lapangan Murjani di Kota Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa gambar. Analisis data menggunakan reduksi data sesuai dengan rumusan dan tujuan penelitian. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi (sumber, teknik, waktu). Hasil penelitian ini terdapat berbagai aktivitas karena tempatnya yang strategis sehingga menjadi titik berkumpulnya masyarakat banyaknya aktivitas sosial mengakibatkan kawasan Lapangan Murjani ini dicampur tangan oleh aktivitas ekonomi, keagamaan, dan pemerintahan. Kegiatan yang ada pada Lapangan Murjani adalah bentuk dari aktivitas masyarakat yang dijadikan sumber belajar IPS yaitu Interaksi sosial dan lembaga sosial dan Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. 


Keywords


Aktivitas Masyarakat; Lapangan Murjani; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Masyarakat Dan Kebudayaan Banjar Sebagai Sumber Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Transformasi Nilai-Nilai Budaya Banjar Melalui Ajaran dan Metode Guru Sekumpul. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Anton, M.. (2001). Aktivitas Belajar. Yrama.

Hanifah, E. N, dan Wulandari, T. (2018). Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII E Smp Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO, 5(1), 61-80.

Lasdya, D., Masyithah, S., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2021). The Modernization and Globalization Teaching Materials for Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 15-22.

Mutiani, M., Noortyani, R., Tetep, T., Jumriani, J., & Widyanti, T. (2020). Strengthening Islamic Environmental Awareness through Exploring Poetry as a Learning Resource in Social Studies. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 6(2), 150-163.

Oktavia, W. (2019). Eskalasi Bahasa Indoglish dalam Ruang Publik Media Sosial. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 83-92.

Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration of Learning Resources in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 56-67.

Putro, H. P. N., Jumriani, J., Darmawan, D., & Nuryatin, S. (2020). Social Life of the Community: Perspective of Riverbanks Community in Sungai Jingah, Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 151-158.

Rahmad, R. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna :Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2(1): 67–78. doi: 10.31602/muallimuna.v2i1.742.

Sitepu, P. B. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. PT RajaGrafindo Persada.

Syaharuddin, S., & Handy, M. R. N. (2021). PENGUATAN NILAI SOSIAL MELALUI AKTIVITAS BPK DI KOTA BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Vol. 6, No. 2).

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.

Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., Susanto, H., Loviane, D. E., Lestari, J. A., Faisal, M. dan Rusli, R. (2020). Nilai Budaya Manyambang Masyarakat Desa Lok Baintan Dalam Sebagai Sumber Belajar IPS.

Wulandari, A. T. (2019). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RUANG TERBUKA HIJAU SEBAGAI RUANG PUBLIK (Studi Fenomenologi Pada RTH Idaman Hati di Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar). Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang.

Rindawati, R., Abbas, E. W., & Putra, M. A. H. (2021). Identification of Social and Cultural Changes Materials in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 68-75.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.3717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats