Social Criticism in Hijaz Yamani's Poetry Literature entitled Human Rights (HAM)
Abstract
Keberadaan karya sastra mampu mengkomunikasikan pengalaman masyarakat dalam kondisi dan situasi tertentu. Adapun satu diantara karya sastra tersebut adalah puisi. Puisi dapat tergolong dalam suara kritik sosial ditangan seorang penyair. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kritik sosial dari penyair lokal Hijaz Yamani. Kritik sosial yang diinternalisasikan dalam puisi yang berjudul Hak Asasi Manusia (HAM). Metode yang digunakan untuk menguraikan subjek penelitian adalah metode deskriptif. Namun, demikian, penelitian ini menekankan pada seleksi dokumen sekunder untuk menunjang hasil penelitian. Hasil penelitian mendeskripsikan dalam Puisi Hak Asasi Manusia (HAM), Hijaz Yamani, beberapa puisinya memuat kritik sosial terhadap berbagai penyimpangan yang terjadi dalam pembangunan dan perlu kita terima secara adil sebagai masukan untuk menyegarkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. hak asasi manusia sebenarnya memiliki keterbatasan, yaitu bahwa hak asasi manusia adalah hak asasi manusia lainnya. Hak asasi manusia memiliki topeng yang harus diwaspadai. Penyair mengungkapkan kritiknya sekaligus mengingatkannya akan hak asasi manusia yang sesungguhnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmazaki, A. (2005). Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Yayasan Citra Budaya Indonesia.
Esten, M. (1995). Memahami Puisi. Angkasa.
Gani, R. (1988). Pengajaran Sastra Indonesia Respons dan Analisis. Dian Dinamika Press
Hidayat, M. (2012). Malam Hujan “Sajak-Sajak Hijaz Yamani” Rumah Dokumentasi Sastra Hijaz Yamani.
Kilcup, K. L. (2019). Who Killed American Poetry?: From National Obsession to Elite Possession. University of Michigan Press.
Miller, F. (2005). Of songs and signs: Audiocassette poetry, moral character, and the culture of circulation in Yemen. American ethnologist, 32(1), 82-99.
Mutiani, M. (2015). Pemanfaatan Puisi Sebagai Sumber Belajar Ips Untuk Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik Di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 199-208.
Mutiani, M., Noortyani, R., Tetep, T., Jumriani, J., & Widyanti, T. (2020). Strengthening Islamic Environmental Awareness through Exploring Poetry as a Learning Resource in Social Studies. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 6(2), 150-163.
Noortyani, R., Mutiani, M., Syaharuddin, S., Jumriani, J., & Abbas, E. W. (2021). PENGUATAN PERKEMBANGAN ANAK MELALUI ALUNAN LAGU PENGANTAR TIDUR “DINDANG BANJAR”. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 19(1), 105-126.
Nurgiyantoro, B. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Gajahmada University Press.
Rendra, R. (2001). Penyair dan Kritik Sosial. Kepel Press.
Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2013). Accounting Research Methodology. PT. Refika Aditama.
Tarigan, H. G. (2011). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Angkasa.
Yasa, I. N. (2012). Teori Sastra dan Penerapannya. Karya Putra Darwati.
Yudiono, Y. (2009). Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 The Kalimantan Social Studies Journal
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats