T-shirt Design Training for the Young Generation in Banua Anyar by using Corel Draw

Muhammad Adhitya Hidayat Putra, Ismi Rajiani, Nadiatul Izmi, Agustina Hayati

Abstract


kreativitas dan peningkatkan softskill untuk pemuda, karena pada era milenial dan digital pada saat ini pemuda sangat membutuhkan softskill yang dapat membantu dalam mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha. Pelatihan desain grafis untuk generasi muda yang perlu diberikan pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi desain CorelDraw yang sering digunakan untuk mendesain pamplet, poster, kaos dan lain-lain sehingga mudah untuk diajarkan kepada para pemula. Perkembangan teknologi dan informasi semakin maju, dengan adanya perkembangan yang sangat cepat memberikan dampak yang besar terhadap semua aspek kehidupan. Untuk memanfaatkan kondisi perkembangan teknologi dan informasi saat ini dengan mengasah dan meningkatkan softskill generasi muda agar tidak ketinggalan dalam peluang-peluang kemajuan teknologi. Melalui desain ini juga mengajak generasi mud untuk mempromosikan Kota Banjarmasin yang menjadi daya Tarik dalam meningkatkan kebudayaan dan keunikan Kota Banjarmasin serta menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap kebudayaan yang dimiliki Kota Banjarmasin.


Keywords


Pelatihan; CorelDraw; Generasi Muda

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19.

Agustina, R. (2017). Pelatihan Desain Grafis untuk Perangkat Desa dalam Rangka Peningkatan SDM di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1).

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82-92.

Budiarto, S. P. (2019). Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 308-313.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Putro, H. P. N. (2021). Adaptation of Riverbanks Community to Urban Green Open Space Development. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 127-134.

Harianto, W., & Wiguna, A. S. (2020). Pelatihan Corel Draw Untuk Perangkat Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-4.

Hasanah, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Melalui Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Banjar Sebagai Sumber Belajar Ekonomi.

Hutajulu, S. M., & Supriyanto, S. (2013). Tinjauan Pelaksanaan Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Pada Pt. Inalum Kabupaten Batubara. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 2(2), 30-39.

Kusrianto, A. (2010). Corel Draw. Elex Media Komputindo.

Lisnawita, L., & Van FC, L. L. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231-235.

Muchtar, I. (2020). Proses Pembuatan Desain T-Shirt Dengan Menggunakan Aplikasi Coreldraw Di Studio Upa’clothing Makassar.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats