Training in Making Learning Media in The Form of Attractive Photos for Teachers to Increase Student Learning Motivation At SMPN 7 Banjarmasin

Ersis Warmansyah Abbas, Rusmaniah Rusmaniah, Muhammad Rival, Yusup Yusup, Muhammad Maulana

Abstract


Pandemi Covid-19 secara tiba-tiba mengharuskan elemen pendidikan untuk mempertahankan   pembelajaran secara online. Demi optimalnya kegiatan pembelajaran tersebut, sudah seharusnya didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, Satu diantaranya adalah melalui tampilan foto yang menarik sebagai media pembelajaran. Guru dapat mengedit foto melalui aplikasi smartphone. Tujuan dari artikel ini menjelaskan bagaimana dampak dari pelatihan membuat media pembelajaran berupa foto menarik untuk guru SMPN 7 Banjarmain. Dalam mempertajam hasil yang diperoleh dari pengabdian masyarakat, penulis menggunakan studi literature yang relevan. Hasil dari artikel ini mendeskripsikan bahwa pelatihan yang dilakukan dapat memberikan soft skill kepada guru-guru dalam mengedit foto menarik sebagai media pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi smartphone.


Keywords


Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; Foto Menarik

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19.

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171-182.

Di Gennaro, F., Pizzol, D., Marotta, C., Antunes, M., Racalbuto, V., Veronese, N., & Smith, L. (2020). Coronavirus diseases (COVID-19) current status and future perspectives: a narrative review. International journal of environmental research and public health, 17(8), 2690.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56).

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID -19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1 (2), 61–70.

Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., & Cao, B. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The lancet, 395(10223), 497-506.

Kusuma, J. W. Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19 Universitas Bina Bangsa. Serang email:[email protected] Universitas Bina Bangsa, Serang email:[email protected] Abstrak Pendahuluan Ditengah wa, 5.

Lapostolle, F., Schneider, E., Vianu, I., Dollet, G., Roche, B., Berdah, J., & Adnet, F. (2020). Clinical features of 1487 COVID-19 patients with outpatient management in the Greater Paris: the COVID-call study. Internal and emergency medicine, 15, 813-817.

NH, M. I. S., & Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 49-60

Meng, H., Xiong, R., He, R., Lin, W., Hao, B., Zhang, L., & Geng, Q. (2020). CT imaging and clinical course of asymptomatic cases with COVID-19 pneumonia at admission in Wuhan, China. Journal of Infection, 81(1), e33-e39.

Pinasti, D. A., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara empati dengan adiksi smartphone pada mahasiswa fakultas ilmu budaya dan fakultas sains dan matematika universitas diponegoro semarang. Jurnal Empati, 6(3), 183-188.

Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81-86.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan Melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal studi Islam dan humaniora, 17(1), 137-166.

Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring

Snyder, H. (2019). Literature Review As A Research Methodology: An Overview And Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.

Utomo, E. P. (2012). From Newbie to Advanced Mudahnya Membuat Aplikasi Android. Edisi I: Yogyakarta. CV Andi Offset, 1-2.

Xu, X., Chen, P., Wang, J., Feng, J., Zhou, H., Li, X., & Hao, P. (2020). Evolution of the novel coronavirus from the ongoing Wuhan outbreak and modeling of its spike protein for risk of human transmission. Science China Life Sciences, 63(3), 457-460.

Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah taktis pemerintah daerah dalam pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 247-260.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats