Digital Marketing a Marketing Strategy for UMKM Products in The Digital Era

Mahmudah Hasanah, Jumriani Jumriani, Nurlita Juliana, Karenina Panca Kirani

Abstract


Perkembangan teknologi terus berkembang seiring perkembangan zaman. Akses internet merupakan bagain dari perkembangan tersebut yang telah mempengaruhi kehidupan manusia. Begitupula pada aktivitas ekonomi, akses internet memiliki kontribusi bagi perkembangan suatu UMKM. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan digital marketing sebagai strategi pemasaran pada produk UMKM di Era digital. Artikel ini disusun dari hasil pengadian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2021. Pada bagian analisis hasil, penulis menggunakan studi literatur dari berbagai sumber dan jurnal ilmiah. Pengabdian dilakukan dengan dua kegiatan. Pertama, diskusi mengenai jenis strategi marketing berbasis digital perajin tanggui. Kedua, pelatihan pemanfaatan akses digital dalam marketing produk tanggui sehingga dapat meningkatkan minat pelanggan. Dari kedua kegiatan tersebut diidentifikasi bahwa minat dan keinginan yang sangat besar bagi peserta untuk mermasarkan hasil produksinya mellaui digital marketing sehingga dapat mengembangkan serta mengelola usaha dengan baik. Digital marketing dapat memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen dan memperluas akses pemasaran.


Keywords


Digital Marketing; Strategi Pemasaran; UMKM

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2020). Culinary Identification in the Banua Anyar Culinary Tourism Area; a Contribution for Tourism in Banjarmasin City. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 33-40.

Abbas, E. W. (2021, May). Banua Anyar Culinary Tourism Area: Study Of Economic Activities As A Learning Resource on Social Studies. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.

Canavan, O., Henchion, M., & O'Reilly, S. (2007). The use of the internet as a marketing channel for Irish speciality food. International Journal of Retail & Distribution Management.

Fitriyani, F., Putro, H. P. N., & Mutiani, M. (2021). Activities at the Banjarbaru Tomato Creation House as a Learning Resources on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 127-140.

Jumriani, J., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Izmi, N. (2021). Program Baca Tulis Al-Qur’an; Sebuah Habituasi Pendidikan Karakter Pada Anak Di Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(2).

Lestari, J. A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). Production Activities of Kampung Purun Banjarbaru as a Learning Resource on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 139-149.

Lestari, J. A., & Abbas, E. W. (2021, February). Efforts to Improve Community Economy Through Making Hand Crafts Based on Purun Plants. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 403-406). Atlantis Press

Mokhtar, N. F. (2015). Internet marketing adoption by small business enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science, 6(1).

Moloeng, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Wardhana, A. (2015, April). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp. 327-337).

Mutiani, M., Rahman, A. M., Permatasari, N., Abbas, E. W., & Putra, M. A. H. (2021). Kecerdasan Ekologis Perajin Tanggui di Bantaran Sungai Barito. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1).

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Putri, M. A., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Strategies in Developing Creative Economic Activities Based on Local Wisdom. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 42-48.

Putro, H. P. N., Rusmaniah, R., Jumriani, J., Handy, M. R. N., & Mutiani, M. (2021). Business Development Strategies for Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Kampung Purun. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 23-32.

Putro, H. P. N., Jumriani, J., Abbas, E. W., & Aprilla, W. (2021, February). Impact of Tourism for Economic Activities of Riverbank Communities in the Jingah River District, Banjarmasin City. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 371-374). Atlantis Press.

Sarman, M. (2004). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial. Pustaka FISIP UNLAM

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The Usage Of Digital Marketing Channels In Smes. Journal of Small Business and Enterprise Development.

Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2013). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats