Fire Mitigation in Densely Populated Settlements in Banjarmasin

Bambang Subiyakto, Muhammad Rezky Noor Handy, Akhmad Maulana, Nurul Azizah, Risna Putra Pradana

Abstract


Banjarmasin yang padat penduduk menjadikan sangat rawan akan terjadi berbagai ancaman yang membahayakan lingkungan masyarakat, salah satunya adalah kejadian kebakaran yang tercatat dari tahun 2020 hingga 2021 ini seringkali kejadian kebakaran pada pemukiman penduduk di Kota Banjarmasin, menjadikan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai sumber kebakaran. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan kegiatan mitigasi dari penyebab kebakaran yang biasanya terjadi di lingkungan sekitar pemukiman masyarakat dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai mitigasi dan kewaspadaan tentang bahaya kebakaran pada pemukiman padat penduduk. Artikel ini disusun dari hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2021. Pada bagian analisis hasil, penulis menggunakan berbagai sumber lainnya seperti artikel berita, artikel jurnal, penelitian dan lainnya. Hasil diskusi mendeskripsikan bahwa banyak dari masyarakat belum mengetahui berbagai sumber-sumber dari penyebab kebakaran pada pemukiman atau rumah mereka seperti kelalaian manusia dalam instalasi listrik rumah, kelalaian manusia dalam mengawasi penggunaan alat-alat listrik rumah tangga ataupun biasanya juga dari tabung gas yang bocor ataupun meledak juga menjadi penyebab terjadinya kebakaran pada pemukiman penduduk. Selain itu juga penyampaian tentang kerjasama antara pemerintah kota Banjarmasin dengan BPK dalam penanggulangan kebakaran, juga pengembangan dari relawan pemadam kebakaran yang langsung dibawah binaan pemerintah kota Banjarmasin.


Keywords


Mitigasi, Kebakaran Pemukiman; Sumber Penyebab Kebakaran

Full Text:

PDF

References


Asiri, L. (2020). Pelaksanaan Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buton. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(2), 28-40.

Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin. (2020). Kota Banjarmasin Dalam Angka 2020. BPS Kota Banjarmasin.

Fatmah, F. (2009). Model Mitigasi Kebakaran Berbasis Masyarakat: Kajian Kualitatif pada Aparat Pemerintah dan LSM. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 4(3), 99-108.

Lestari, D. P., Pramono, R., & Nefianto, T. (2017). Analisis Partisipasi Masyarakat Melalui Barisan Pemadam Kebakaran Swadaya Dalam Menghadapi Risiko Kebakaran Permukiman di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Bencana (JMB), 3(2).

Mansyur, M. (2018). Bandjarmasin Tempo Doeloe: Sketsa Kecil dari Bingkai Masa Lalu. Pustaka Kaji.

Maryani, E. (2008). Model Sosialisasi Mitigasi pada Masyarakat Daerah Rawan Bencana di Jawa Barat. Bandung: Penelitian HIBAH DIKTI. Diperoleh di http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/196001211985032-ENOK_MARYANI/mITIGASIArtikel.pdf.

Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Tahun 2013 Tentang Penanggulangan Bencana Kebakaran di kota Banjarmasin.

Raharjo, M. R., Ridho, I. I., & Ikhwani, Y. (2020). E-LAPOR DAN SISTEM PENDATAAN DAMKAR ATAU BARISAN PEMADAM KEBAKARAN (BPK) KOTA BANJARMASIN. Technologia: Jurnal Ilmiah, 11(3), 139-146.

Sanusi, D., G. (2018, Maret 09). Hikayat Brandweer dalam Pergulatan Bencana Kebakaran Banjarmasin. (Didi G. Sanusi, Ed.) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Retrieved from http://jejakrekam.com/2018/03/09/hikayat-brandweer-dalam-pergulatan-bencana-kebakaran-banjarmasin/

Sarman, M. (2004). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial. Pustaka FISIP UNLAM.

Subiyakto, B., Handy, M. R. N., Maulana, A., Azizah, N. (2021). Penyuluhan Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Pemukiman Padat Penduduk Di Kelurahan Banua Anyar Kota Banjarmasin. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM.

Syaharuddin, S., & Handy, M. R. N. (2021). PENGUATAN NILAI SOSIAL MELALUI AKTIVITAS BPK DI KOTA BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Vol. 6, No. 2).

Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Jumriani, J., Faisal, M., & Maulana, I. (2020). The Values of Gotong Royong on BPK (Fire Brigade) Social Activities in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 62-68.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats