Optimizing Teacher Capacity Building Through MGMP Activities at SMPN 1 Banjarbaru

Undi Sukarya

Abstract


Guru menjadi pilar dalam pelaksanaan belajar dan pembelajaran di dalam kelas, sebagai elemen terpenting inilah kemampuan para guru dalam melaksanakan pembelajaran juga berimbas terhadap evaluasi dan remedial dari yang dianggap kurang berperan terhadap perkembangan peserta didik. Oleh sebab itu dari MGMP yang dilaksanakan oleh SMPN 1 Banjarbaru untuk meningkatkan kemampuan dan proses evaluasi pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari perkembangan para guru dalam meningkatkan kemampuan belajar mengajar yang dilaksanakan melalui MGMP di SMPN 1 Banjarbaru. Menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan metode deskriptif dengan menggunakan siklus-siklus yang telah dilakukan guna menjelaskan hasil temuan, teknik pengumpulan data dengan langkah-langkah berikut 1) Perencanaan Tindakan; 2) Pelaksanaan Tindakan; 3) Pengamatan (Observasi). Hasil temuan 1) menjelaskan bahwa pada siklus 1 masih siklus 1 ke siklus 2, pada siklus 1 ada 3 aspek pengamatan yang belum mencapai persentase 100% dalam beberapa aspek penilaian terlebih ada yang tidak bernilai sama sekali. 2) sementara pada siklus 2 hanya 2 aspek pengamatan yang belum mencapai persentase 100%, sehingga supervisor melakukan evaluasi kepada para guru untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut dengan langkah refleksi terhadap kegiatan evaluasi dan remedial yang dilaksanakan dalam MGMP.


Keywords


MGMP; Peningkatan Kemampuan Guru; Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Haliza, H., Hizriani, N., & Nor, H. (2021). DEVELOPING TEACHERS’PEDAGOGICAL COMPETENCE THROUGH ENGLISH SUBJECT TEACHERS’WORKING GROUP (MGMP). LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 11(1), 61-87.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Kemdikbud. (2017). Kemendikbud Optimalkan Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Retrieved Link https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/kemendikbud-optimalkan-peran-musyawarah-guru-mata-pelajaran-mgmp

Kemenag. (2021). MGMP dan Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah. Retrived Link https://kemenag.go.id/read/mgmp-dan-peningkatan-kompetensi-guru-madrasah

Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). GURU PENGGERAK: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.

Mardiana, D., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2020). The Lesson Planning of Social Studies Learning in SMPN 1 Banjarbaru. The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 25-32.

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta.

Rachman, A. A. (2020). Improving the Quality of Learning Through Academic Supervision (Study in SMP Negeri 14 Banjarbaru). The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 10-16.

Rachman, A. A. (2021). Improvement of the Teachers Quality of Distance Learning (PJJ) Plans during the Covid-19 Pandemic. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 86-94.

Resmini, W. (2010). Pembinaan Kemampuan Profesional Guru Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Ganec Swara, 4(1), 59-62.

Saleh, M., & Mutiani, M. (2021). The Role of the Principal in Increasing Teacher Performance Through Periodic Academic Supervision. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1135-1141.

Sudarsono, F. X. (1996). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas: Bagian Kedua, Rencana, Desain dan Implementasi. UKMP SD, BP3SD.

Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Building Students' Learning Experience in Online Learning During Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 979-987.

Warni, H., Mansur, H., Arifin, R., & Abbas, E. W. (2020, April). Between Hope and Reality: Curriculum 13 (K-13) Implementation in Teacher's Ability to Develop Learning Devices in the Era 4.0. 35th IBIMA Conference.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats