Production of Various Durian Processes at Meek Farm Banjarbaru as A Learning Resource on Social Studies

Siti Hasanah, Mahmudah Hasanah, Akhmad Munaya Rahman

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan produksi buah durian di Meek Farm sebagai sumber belajar IPS. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yaitu observasi terkait proses penanaman dan pembuatan olahan buah durian. Hasil penelitian menjelaskan Sumber belajar merupakan salah satu dari beberapa komponen kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk memudahkan setiap individu dalam memperoleh dan mengasah pengetahuan, kemampuan, sikap, keyakinan, emosi, dan perasaan siswa. pembelajaran maka proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Di Meek Farm (kebun durian) ada kegiatan produksi yang dilakukan oleh pemilik Meek Farm (kebun durian) dan ada juga karyawan yang bekerja di Meek Farm (kebun durian). Kegiatan produksi olahan durian di Indonesia Meek Farm (kebun durian) dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS karena di Meek Farm (kebun durian) terdapat kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang sesuai dengan kurikulum pendidikan. Meek Farm terdapat pada sub materi kegiatan produksi yang materi utamanya adalah kegiatan ekonomi sesuai dengan kompetensi dasar.


Keywords


Kegiatan Produksi; Meek Farm; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2002). Banjarbaru (Cetakan pertama). Lembaga Pengkajian Kebudayaan dan Pembangunan Kalimantan.

Abbas, E. W. dkk. (2015). Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. Wahana Jaya Abadi.

Adawiyah, R. (2007). Preferensi dan konsumsi fast food dalam pemenuhan kecukupan gizi remaja di Bandar Lampung: penelitian dosen muda. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Boediono, B. (2001). Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi. BPFE.

Chumidatus, C. (2009). Ekonomi 2 Kelas XI SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Fatimah, D., Winarso, H. P., & Handy, M. R. N. (2021). Economic Activities of Natural Herbal Homes Lestari Herbal Village as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 104-114.

Fitriyani, F., Putro, H. P. N., & Mutiani, M. (2021). Activities at the Banjarbaru Tomato Creation House as a Learning Resources on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 127-140.

Gunawan, W. Y. (2014). Kontribusi Usaha Perkebunan Nenas Pemerintah Kabupaten Siak dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Teluk Batil Kecamatan Sungai Apit) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim]. http://repository.uin-suska.ac.id/6426.

Hasanah, M., & Ratumbuysang, M. F. N. (2017). Strategi Peningkatan Minat Wirausaha Mahasiswa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa–Kewirausahaan (PKM-K) di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Socius, 6(02).

Jumriani, J. (2018). Kegiatan Produksi dan Distribusi Di Kampung Sasirangan Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Socius, 7(1).

Jumriani, J., Subiyakto, B., & Syaharuddin, S. (2019). Social Interaction Sasirangan Traders Village in The City of Banjarmasin as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 65-77.

Kelurahan Guntung Manggis. (2019). Profil Kelurahan Guntung Manggis. Profil Guntung Manggis.

Maulidiyah, M., Subiyakto, B., & Hasanah, M. (2020). Economic Activities in The Kebun Rambutan Rakyat Sungai Lulut as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 175-183.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mutiani, M., Noortyani, R., Tetep, T., Jumriani, J., & Widyanti, T. (2020). Strengthening Islamic Environmental Awareness through Exploring Poetry as a Learning Resource in Social Studies. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 6(2), 150-163.

Nazmi, N., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Wadai Production Activities for Warung Wadai 41 Sungai Tiung Village as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 149-159.

Pebriana, P. H., Norliana, E., Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2021). Exploration of Learning Resources in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 56-67.

Subiyakto, B., Susanto, H., & Mutiani, M. (2017, November). The Relevance of Multicultural Approach Through Social Studies Education. In 1st International Conference on Social Sciences Education-“Multicultural Transformation in Education, Social Sciences and Wetland Environment”(ICSSE 2017). https://doi. org/10.2991/icsse-17.2018 (Vol. 15).

Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Tradisi Bahaul Dalam Masyarakat Banjar Di Desa Andhika Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Vidya Karya, 31(2).

Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2019). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 18-24.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats