The Influence of Islamic Education on Social Behavior in The Nahdlatul Ulama Student Association of Banjarbaru

Mardhiah Mardhiah, Ersis Warmansyah Abbas, Muhammad Adhitya Hidayat Putra

Abstract


Pendidikan Islam adalah kegiatan membelajarkan kepada anak didik agar perilaku dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari nilai-nilai agama Islam. Kurangnya kesadaran untuk mewujudkan visi dan misi pada Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Banjarbaru yang berkaitan dengan pendidikan islam dapat mempengaruhi pada partisipasi anggota untuk ikut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh ikatan pelajar tersebut. Artikel ini ditulis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan Islam pada Ikatan Pelajar Nahdaltul Ulama Banjarbaru dengan subjek penelitian anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Banjarbaru. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh anggota yang berjumlah 62 orang. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Uji validitas menggunakan Keizer Meyer Olkins (KMO). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, serta teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara Pendidikan Islam terhadap Perilaku Sosial dengan hasil penelitian 0,000 < 0,05 dan diketahui angka t hitung sebesar 9,581 lebih besar dari t tabel 1,67065 dengan taraf signifikansi 1%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam berpengaruh secara signifikan terhadap Perilaku Sosial pada Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Banjarbaru.


Keywords


Pendidikan; Pendidikan Islam; Nahdlatul Ulama

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W., & Rajiani, I. (2019). Social Life of Santri in the Bank of Martapur River as the Learning Sources of Social Science Studies. Social Life of Santri in the Bank of Martapur River as the Learning Sources of Social Science Studies. http://eprints.ulm.ac.id/5455/

Abbas, E. W., Winarso, H. P., & Meilina, N. (2019). Religious Activities at Sultan Suriansyah Mosque, Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1368

Bahar, H. (2008). Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMA Darussalam Cimanggis Ciputat.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2020). The Religious Values in Tradition of Batahlil in Banjar Pahuluan Community. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2462

Mahfuzah, M., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2020). The Form of Religious Community Activities at Kelayan B as a Learning Resources on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 150–157. https://doi.org/10.20527/iis.v1i2.2092

Nasih, M., Abbas, E. W., & Syaharuddin, S. (2019). Nilai-Nilai Haul Guru Sekumpul Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Socius, 8. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/7226/5658

Nirisma, S. (2016). Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah. Vol 1.

Olfah, R., Syaharuddin, S., & Hasanah, M. (2020). The Influence of Social Capital on Skills Social Cooperation (Study on the Organization of Santri Darul Hijrah Putri Cindai Alus). The Innovation of Social Studies Journal, 2(1), 75–81. https://doi.org/10.20527/iis.v2i1.2313

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252

Ramadhanti, W., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2020). Religious Activities in The Great Mosque Al Munawwarah Banjarbaru. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2466

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (27th ed.). Alfabeta, CV.

Tafsir, A. (1997). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Remaja Rosda Karya.

Yunus, M. (2010). Pemikiran Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats