Creative Economy on UMKM Sulam Arguci in Banjarbaru as a Learning Resource on Social Studies

Rhema Yuniar, Mahmudah Hasanah, Muhammad Rezky Noor Handy, Bambang Subiyakto, Muhammad Adhitya Hidayat Putra

Abstract


Ekonomi kreatif merupakan satu diantara solusi untuk mengurangi masalah pengangguran.  Namun, banyak orang yang hanya memikirkan mencari pekerjaan daripada menciptakan pekerjaan mereka sendiri dengan berwirausaha. Wirausaha dapat diperkenalkan melalui dunia pendidikan, satu diantaranya UMKM Sulam Arguci di Banjarbaru. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan ekonomi kreatif UMKM Sulam Arguci di Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan yang digunakan dalam adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan serta terakhir diverifikasi. Hasil penelitian menjelaskan UMKM sulam Arguci adalah bentuk ekonomi kreatif yang dapat dijadikan sumber belajar IPS yaitu Kegiatan Ekonomi, Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi, Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia, Pluralisme, Peran dan Fungsi Keragaman Budaya, Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakatnya.


Keywords


Ekonomi Kreatif; UMKM Sulam Arguci; Sumber Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2016). Developing Education: Based on Nationalism Values. Universitas Lambung Mangkurat.

Chen, F. (2010). Be Creative! 100 Pengertian untuk Mengembangkan Kreativitas. PT Gramedia Pustaka Utama.

Handy, M. R. N. (2015). Pendidikan Sejarah dan Isu Kebangsaan (1st ed.). Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP UNLAM.

Handy, M. R. N., & Fatimah, S. N. (2019). Biography Of Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari: An Investigation Of Value In The Spread Of Islam As A Learning Source On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 01.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2020). Nilai Religius dalam Tradisi Batahlil di Banjar Pahuluan Komunitas. The Jurnal Ilmu Sosial Kalimantan.

Hasanah, M., & M. Adhitya Hidayat Putra. (2020). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Melalui Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Banjar Sebagai Sumber Belajar Ekonomi. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM.

Hasanah, M., & Monry, F. N. G. R. (2017). Strategi Peningkatan Minat Wirausaha Mahasiswa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (Pkm-K) Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Lambung Mangkurat. SOCIUS: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Hasanah, M., Abbas, E. W., Subiyakto, B., Fikriah, N., & Syahrin, M. A. (2017). Implementasi Pembelajaran IPS yang Berbasis Kearifan Lokal di SMPN 1 Gambut Kabupaten Banjar. Implementasi Pembelajaran IPS Yang Berbasis Kearifan Lokal Di SMPN 1 Gambut Kabupaten Banjar. http://eprints.ulm.ac.id/5121/

Hasanah, M., Setiti, S., & Muna, H. (2020). Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 1.

Jumriani, J. (2018). Kegiatan Produksi dan Distribusi di Kampung Sasirangan sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media. http://eprints.umpo.ac.id/2859/

Putro, H. P. N., Rusmaniah, R., Jumriani, J., Handy, M. R. N., & Mutiani, M. (2021). Business Development Strategies for Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Kampung Purun. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 23-32.

Putro, H. P. N. & Jumriani, J. (2020). Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Bantaran Sungai Sebagai Sumber Belajar IPS.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPSI. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Subiyakto, B., & Handy, M. R. N. (2020). Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat Program Habituasi Pendidikan Karakter Melalui Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Desa Canoco, Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala. Program Studi Pendidikan Ips Fkip Ulm.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6 No.1.

Sugiyono, D. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Supriyanto, S., & Hasanah, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Dan Pengetahuan Kewirausahaan Pada Minat Wirausaha Mahasiswa. 4 no 02.

Suyanto, B., & Sutinah, S. (2015). Metode Penelitian Sosial. Kencana.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v3i2.4416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 The Kalimantan Social Studies Journal



The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats