Entrepreneurship Material on Economic Concepts in Social Studies Learning

Muhammad Riyaldi Mukti, Ismi Rajiani, Muhammad Adhitya Hidayat Putra, Rusmaniah Rusmaniah, Bambang Subiyakto

Abstract


Konsep utama dari materi pembelajaran IPS ini berkaitan dengan produksi, distribusi dan konsumsi. Ekonomi selalu berkaitan dengan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik barang maupun jasa. Terbukti adanya kontribusi materi kewirausahaan bagi perkembangan Indonesia dalam peluang usaha yang di jadikan sebagai lahan bisnis dengan mencurahkan seluruh waktunya untuk menciptakan peluang usaha yang kreatif dan inovatif. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan materi kewirausahaan dalam pembelajaran IPS yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia. Materi pembelajaran IPS memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar dan mengandung makna jiwa kewirausahaan yang bertanggung jawab, pantang menyerah, percaya diri dan kemampuan dalam berwirausaha. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Strategi pencarian dengan mencari buku, ebook, dan jurnal melalui google scholar. Pencarian data sarjana di Google menggunakan kata kunci dengan mencari jurnal penelitian yang dipublikasikan di internet, baik jurnal, buku maupun ebook. Hasil dari artikel ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan nilai-nilai ekonomi dan memiliki jiwa wirausaha.


Keywords


Kontribusi; Ekonomi; Kewirausahaan; pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Kurikulum 2013: Mengembalikan PIPS Ke-Hittah-Nya. Mewacanakan Pendidikan IPS, 21.

Abbas, E. W. (2016). Developing Education Based On Nationalism Values (1st ed.). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Alfianto, E. A. (2012). Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. 1, 10.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, 3(2), 59–76.

Budi, B., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(1). https://doi.org/10.30813/jpk.v2i1.1128

Devi, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Dasar Ekonomi pada Siswa SMA Kelas XI IPS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.21831/jep.v7i1.576

Masdub. (2015). Sosiologi Pendidikan Agama Islam. Aswaja Pressindo.

Miftahuddin. (2018). Ekonomi Sebagai Komponen Ilmu Pengetahuan Sosial. Intelektual. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman., Ekonomi Sebagai Komponen Ilmu Pengetahuan Sosial. Volume 8, Nomor 3, November 2018.

Mutiani. (2017). IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. Sosio Didaktika: Social Sceince Education Journal, 4, 3. http://journal.uinjkt.ac.id.

Nasution, T. (2018). KONSEP DASAR IPS.

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1252

Putra, M. A. H., Mutiani, M., & Jumriani, J. (2021). Pendidikan Karakter Anak Jalanan di Sekolah Kelas Khusus Pasar Lima Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(2), Article 2.

Putra, M. A. H., Mutiani, M., Jumriani, J., & Handy, M. R. N. (2020). The Development of a Waste Bank as a Form of Community Participation in Waste Management. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2460

Putra, M. A. H., Mutiani, M., Jumriani, J., Ramadhan, S., & Rahmatina, R. (2020). Utilization Learning Management System (LMS) of Ruang Guru for Education Teachers in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), Article 1.

Rasimin. (2020). Multikulturalisme Teori dan Aplikasi dalam Pendidikan IPS. Kreasi Total Media.

Safri, H. (2018). Pengantar Ilmu Ekonomi. Lembaga Penerbitan Kampus, Palopo.

Saihu, & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam., Vol. 5, No. 01, 2020.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Fakultas Ekonomi, Uninversitas Methodist Indonesia.

Sholeh, M. (2019). Kontribusi Ekonomi dalam Penguatan Pembelajaran IPS. Mahasiswa S3 Prodi PIPS SPS Universitas Pendidikan Indonesia Dosen Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Semarang.

Soyomukti, N. (2010). Teori-Teori Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Prenadamedia Group.

Yasrizal. (2012). Pengaruh Pembelajaran Ips Ekonomi Terhadap Minat Entrepreneurship Siswa (Di SMA Muhammadiyah Karangampel Kabupaten Indramayu). Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati.




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v4i2.5646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 The Kalimantan Social Studies Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats