Study of Literature Regarding Human Life in the Pre-literacy Period in South Kalimantan in Social Studies Class VII Learning

Muhammad Ridho Al Wahid, Mutiani Mutiani, Muhammad Rezky Noor Handy, Syaharuddin Syaharuddin, Rusmaniah Rusmaniah

Abstract


Pembelajaran IPS di sekolah masih kekurangan referensi mengenai kelokalan. Referensi lokal adalah referensi yang diperlukan untuk memperkenalkan kepada para peserta didik terhadap lingkungannya. Buku ajar yang kita pakai memang sudah memuat sumber lokal dari beberapa daerah tetapi masih kurang, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan pada masa Pra Aksara. Artikel ini bertujuan untuk menambah refarensi lokal terutama referensi yang berkaitan dengan Kalimantan Selatan pada masa Pra Aksara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Adapun sumber yang digunakan untuk penelitian ini adalah buku offline, E-book, skripsi, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan dengan objek yang diteliti. Data yang telah didapat kemudian berbentuk teks deskriptif dan kemudian dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil pembahasan penelitian ini membahas tentang gambaran umum materi kehidupan pada masa prasejarah yang memuat: lingkungan alam pada masa prasejarah, manusai purba pada masa holosen, kehidupan manusia pada masa holosen, dan periodisasi pada masa pra aksara. Adapun yang ke dua yaitu analisis kesesuaian pada buku IPS semester genap yang berisi tentang pembahasan analisis antara materi dan KD serta penemuan kesalahan pada buku. Penambahan materi lokal pada buku merupakan hal yang wajib dilakukan oleh guru karena materi tersebut sangat diperlukan agar peserta didik mengenal lingkungannya dengan baik.


Keywords


Zaman Prasejarah; Sumber Belajar IPS; Kompetensi Dasar

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Abbas, E. W., & Handy, M. R. N. (2021). Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar pada Pendidikan IPS (M. Z. A. Anis, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/21533

Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). Pendidikan IPS: Konsep dan Implementasi (H. P. N. Putro, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Afrina, A., Abbas, E. W., & Susanto, H. (2021). The Role of Historical Science in Social Studies Learning Materials for Increasing Values of Student’s Nationalism. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3769

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Diansyah, A., Tanjung, F., & Nasution, A. H. (2019). Prasejarah Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196

Handy, M. R. N. (2022). ‪Menulis dan Mempublikasikan Artikel Akademis‬ (E. W. Abbas, Ed.; 1 ed.).‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Ideham, M. S., Sjarifuddin, Usman, G., Anis, M. Z. A., & Wajidi (Ed.). (2003). SEJARAH BANJAR. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Propinsi Kalimantan Selatan.

Nadlir, N. (2016). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299–330.

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa smp melalui penerapan Pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Saihu, S. (2019). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal (studi di jembrana bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 69–90.

Samiah, S., Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2021). The Contribution of Historical Science in Social Studies Teaching Materials in The Junior High School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3048

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103.

Syaharuddin, S. (2017). ‪Pembelajaran IPS Berbasis Nilai-Nilai Sejarah Banjar‬. MAHING: Majalah Sederhana, Hebat dan Tangguh, XXI, 34–35.‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi (E. W. Abbas & B. Subiyakto, Ed.). Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Yusnita, A., Apriliani, S., Abbas, E. W., & Rochgiyanti, R. (2021). The Differences of Education Unit Level Curriculum (KTSP) and The 2013 Curriculum in Social Studies Lessons. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3182




DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v4i2.6548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ridho Al Wahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:

  BASE Logo     

The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:

Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University

Jl. Brigjen H. Hasan Basry Kayu Tangi, Program Studi Pendidikan IPS Ruang 17 Lt.2, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123

The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats

My Stats

View My Stats