The Influence of Interactive Media On Students' Learning Interest In Geography Subjects At SMAN 17 Tangerang Regency
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas X IPS di SMAN 17 Kabupaten Tangerang, kemudian untuk mengetahui pengaruh media interaktif (video animasi) terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen berbentuk non equivalent control group design. Ada dua variabel penelitian yaitu variabel bebas (media interaktif) dan variabel terikat (minat belajar). Total populasi adalah 96 siswa yang dibagi kedalam 2 kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket). Data dikumpulkan dengan memberikan pretest dan Postest dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan signifikan dalam minat belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa media interaktif (video animasi) memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., Susanto, H., & Jumriani, J. (2022). Strengthening Historical Thinking Skills Through Transcript Based Lesson Analyses Model In The Lesson Of History. Istoria Jurnal Pendidikan an Ilmu Sejarah, 18(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v18i1.41691
Anam, Khoirul. 2015. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan.” Junal Pendidikan Islam 4 (2): 1–17. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=641778&val=11050&title=Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan.
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066
Asikin, M. A., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Siswa Dalam Belajar Tatap Muka Terbatas. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131-138.
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Handy, M. R. N., Abdurrahim, A., Subiyakto, B., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., Akmal, H., & Sari, D. P. N. P. (2022, December). Utilization of Ferry as a Support of The Community Economy on The Alalak River Based as a Learning Resource on Social Studies. In Social Studies Conference Proceedings (pp. 121-128).
Ilhami, M. R., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., & Jumriani, J. (2023). Chinese Ethnic and Madurese Ethnic Social Interaction in Gedang Village. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 124-135.
Ilmiani, Aulia Mustika, Ahmadi Ahmadi, Nur Fuadi Rahman, and Yulia Rahmah. 2020. “Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 8 (1): 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902
Izzati, H., & Sukardi, S. (2023). Implementasi Model Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 271-276..
Juliani, W. iffah, & Widodo, H. (2019). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Smp Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 65–74. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i2.3678
Jumriani, J., Muhaimin, M., Wardinah, Y., Abbas, E. W., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2023). Identification of Function Social Group Functions for Communities in River Bank. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 108-115.
Jumriani, J., Subiyakto, B., Hadi, S., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2022). Education of Social Regulation Through Social Institution Materials in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 118. https://doi.org/10.20527/iis.v3i2.4892
Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111
Mutiani, M., & Faisal, M. (2019). Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1256
Mutiani, M., Handy, M. R. N., Wiyanarti, E., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2023). Strengthening the Content of Local History in Social Studies. Yupa: Historical Studies Journal, 124-136.
Oktavianto, Dwi Angga. Riset Pendidikan Geografi. Cipta Griya Pustaka, 2019.
Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Abbas, E. W. (2023, August). Banjarese Cultural Values on the Floating Market as the Foundation of the Religious Character of the Community. In 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 597-603). Atlantis Press.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rusmaniah, R., Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Mutiani, M. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Taman Konservasi Anggrek Tahura Sultan Adam: Environmental Education Implementation in Sultan Adam Forest Park Orchid Concervation Park. Anterior Jurnal, 22(2), 47-52.
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47-62.
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung:
Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2022). Putting transformative learning in higher education based on linking capital. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 58–64. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20373
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v5i1.9557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anistri Wulan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats