The Urgency of Quality Management in Higher Education Information Systems
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian teoritis sistem informasi yang memiliki peran penting dalam membantu mengendalikan dan mengatur kegiatan sub-sistem organisasi untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Metode studi pustaka merupakan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Sistem informasi manajemen merupakan kunci dari suatu bidang yang menekankan pada tenaga manajemen yang dapat mengolah dan mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk mendukung keputusan dengan melalui prosedur kerja yang telah ditentukan. Tujuan sistem informasi meliputi: 1) menyediakan informasi untuk mengambil keputusan, 2) menyediakan informasi yang digunakan dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi dan perbaikan berkelanjutan, dan 3) menyediakan informasi yang digunakan dalam menghitung biaya suatu produk, jasa dan tujuan lain yang diinginkan oleh manajemen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Ersis Warmansyah. 2022. “Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding.” 4:23.
Aprianti, W., & Maliha, U. (2016). Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika, 2(1).
Ilhami, Muhammad Ridha. 2022. “The Social Values of the Banjar People in Traditional Markets.” 4:13.
Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 124-134.
Handy, M. R. N., Abdurrahim, A., Subiyakto, B., Syaharuddin, S., Putra, M. A. H., Akmal, H., & Sari, D. P. N. P. (2022, December). Utilization of Ferry as a Support of The Community Economy on The Alalak River Based as a Learning Resource on Social Studies. In Social Studies Conference Proceedings (pp. 121-128).
Ilhami, M. R., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., & Jumriani, J. (2023). Chinese Ethnic and Madurese Ethnic Social Interaction in Gedang Village. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 124-135.
Jumriani, Jumriani, Mutiani Mutiani, Muhammad Adhitya Hidayat Putra, Syaharuddin Syaharuddin, and Ersis Warmansyah Abbas. 2021. “The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review.” The Innovation of Social Studies Journal 2(2):103. doi: 10.20527/iis.v2i2.3076.
Jumriani, J., Muhaimin, M., Wardinah, Y., Abbas, E. W., Mutiani, M., & Ilhami, M. R. (2023). Identification of Function Social Group Functions for Communities in River Bank. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(2), 108-115.
Lestari, P. (2017). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Smk Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 61-68.
Mutiani, Mutiani, and M. Faisal. 2019. “Urgency of The 21st Century Skills and Social Capital in Social Studies.” The Innovation of Social Studies Journal 1(1):1. doi: 10.20527/iis.v1i1.1256.
Mutiani, M., Handy, M. R. N., Wiyanarti, E., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2023). Strengthening the Content of Local History in Social Studies. Yupa: Historical Studies Journal, 124-136.
Putra, A. S., Handoyo, S. S., & Rochadi, D. (2018). Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 63-70.
Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Abbas, E. W. (2023, August). Banjarese Cultural Values on the Floating Market as the Foundation of the Religious Character of the Community. In 4th Annual Civic Education Conference (ACEC 2022) (pp. 597-603). Atlantis Press.
Rahmanto, Y., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi pembelajaran audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi berbasis Mobile. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 62-67.
Renaningtias, N., & Apriliani, D. (2021). Penerapan metode prototype pada pengembangan sistem informasi tugas akhir mahasiswa. Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1).
Rodin, R., Khotimah, K., Perdana, M., & Mahfiro, R. D. (2022). Kebijakan pengelolaan arsip perguruan tinggi Islam di era industri 4.0 (studi pada Record Center Institut Agama Islam Negeri Curup). Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(1), 1-17.
Rusmaniah, R., Putra, M. A. H., Handy, M. R. N., Ilhami, M. R., & Mutiani, M. (2023). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Taman Konservasi Anggrek Tahura Sultan Adam: Environmental Education Implementation in Sultan Adam Forest Park Orchid Concervation Park. Anterior Jurnal, 22(2), 47-52.
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Ground Peat Untuk Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47-62.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104.
Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Widyatama Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, 20(2), 175-185.
Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Fisolofi dan Praktis. Jakarta: Permata Puri media.
Syahruddin, Muhammad Hamzah, and Samsu Arif. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Konservasi Air Tanah dan Penjernihan Air di Kelurahan Buntu Sugi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang.” 6(4):12.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.
Zed, M. (1999). Metodologi Sejarah. Padang: FIS UNP.
DOI: https://doi.org/10.20527/kss.v5i1.9737
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Herry Porda Nugroho Putro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) has been indexed and abstracted by:
The Kalimantan of Social Studies Journal (KSSJ) has been listed in:
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Editorial Office:
Social Studies Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Lambung Mangkurat University
The Kalimantan Social Studies Journal (KSSJ) Stats
My Stats