Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Fluida Dinamik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran Fisika materi fluida dinamik kelas XI IPA SMA Tamansiswa Kota Mojokerto. Metode penelitian berupa kuantitatif sedangkan pengumpulan data menggunakan istrumen tes uraian pada awal dan akhir pembelajaran, juga menggunakan LKPD materi hukum Bernoulli. Analisis data menggunakan Uji-T setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan SPSS 25. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah diterapkan model inkuiri terbimbing adalah 14,6 dan 94,63. Data yang dihasilkan diuji dengan teknik one sample T-test didapatkan hasil 57,407 sedangkan nilai signifikansi < 0,05 (0,000<0,05), sehingga terbukti terdapat peningkatan berpikir kritis yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Tamansiswa Kota Mojokerto pada materi fluida dinamik. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai referensi bagi para pengajar dalam penyusunan metode pembelajaran dan diharapkan penerapan pada materi lain yang memiliki karakteristik pemerolehan konsep melalui kegiatan eksperimen.
This study aimed to analyze the level of students' critical thinking skills using a guided inquiry model in physics learning material dynamic fluid class XI IPA SMA Tamansiswa Mojokerto City. The research method is quantitative while data collecting data using an essay test instrument at the beginning and end of learning, also using the LKPD for Bernoulli's principle. Data analysis using T-test after normality test and homogeneity using SPSS 25. This study resulted in the average value of students' critical thinking before and after the guided inquiry method was applied was were14.6 and 94.63. A one-sample T-test technique tested the data and obtained 57.407 results while the significance value was <0.05 (0.000 <0.05), showing a significant increase in critical thinking. Based on these results, implementation-guided inquiry can improve students' critical thinking ability in class XI IPA SMA Tamansiswa Mojokerto City. The implication of this research is as a reference for teachers in the preparation of learning methods and is expected to be applied to other materials that have the characteristics of acquiring concepts through experimental activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, D. P. (2020) Keefektifan pendekatan saintifik model problem solving dan inquiry dalam pendekatan IPS. Heritage, 1(1), pp. 1-22.
Alfiani, R. (2015). Pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fisika di MAN. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 101–109.
Ayu Lingga Ratna Sari, Parno, & Ahmad Taufiq. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika siswa sma pada materi hukum Newton. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 88–99.
Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. M. (2013). Critical Thinking: A Student’s Introduction (5th ed.). McGraw-Hill.
Costa, A., & Kallick, B. (2014). Dispositions: Reframing teaching and learning. Corwin Press.
Dewi, R. K., & Wardani, K. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran picture and picture ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1066–1074.
Dwi Sundari, P., Sarkity, D., Raja, M., & Haji, A. (2021). Keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi suhu dan kalor dalam pembelajaran fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149–161.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hosnah, W. M., Sudarti, & Subiki. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika di sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 190–195.
Iman, R., Khaldun, I., & Nasrullah, N. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model inkuiri terbimbing pada materi pesawat sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 52-58.
Jones, C., & Pimdee, P. (2017). Innovative Ideas: Thailand 4.0 and the fourth industrial revolution. Asian International Journal of Social Sciences, 17(1), 4–35.
Kraisuth, D., & Panjakajornsak, V. (2017). Thai engineer ASEAN Readiness: A structural equation model analysis. Asia-Pacific Social Science Review, 16(3), 96–117.
Maretasari, E., Subali, B., & Hartono. (2012). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Unnes Physics Education Journal, 3(1), 89–93.
Mintania, F. (2013). Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 5 Malang pada materi pokok koloid (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Murawski, L. M. (2014). Critical thinking in the classroom…and beyond. Journal of Learning in Higher Education, 10(1), 25–30.
Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1–5.
Nichols, M., Cator, K., & Torres, M. (2016). Challenge Based Learner User Guide. Digital Promise.
Nugroho, S., Suparmi, & Sarwanto. (2012). Pembelajaran IPA dengan metode inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium riil dan virtuil ditinjau dari kemampuan memori dan gaya belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(3), 67–75.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Pertiwi, M. M., Yuliati, L., Qohar, A., & Artikel Abstrak, I. (2018). Kemampuan berpikir kritis siswa dengan inkuiri terbimbing dipadu carousel feedback pada materi sifat-sifat cahaya di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 3(1), 21–28. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Puspita, I. (2017). Analysis of critical thinking skills on the topic of Static Fluid. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012100.
Putri, D. A. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode pembelajaran team games tournaments dan team assisted individualization. Manajerial, 3(4), 1–16.
Rachman, N. D., Sudarti, & Supriadi, B. (2012). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry aproach) pada pembelajaran fisika siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 rogojampi tahun ajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 143–151.
Ritdamaya, D. (2016). Konstruksi instrumen tes keterampilan berpikir kritis terkait materi suhu dan kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 87–96.
Ruggiero, V. R. (2012). The art of thinking: A guide to critical and creative thought (10th ed.). Longman.
Sari, A. Parno, & Ahmad Taufiq. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika siswa sma pada materi hukum Newton. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1, 88–99.
Solihin, M. W., Prastowo, H. B., & Supeno. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sma 1. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 299–306.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Wasis, d., 2020. HOTS dan Literasi Sains. 1 ed. Jombang, Jawa Timur: Kun Fayakun.
Yani, M., Mastuang, M., & Misbah, M. (2021). Development of solid elasticity modules with guided inquiry model to train critical thinking skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 4(1), 44-56.
Yuswati, Y. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa sma dan ma di kabupaten serang pada mata pelajaran fisika konsep suhu dan kalor tahun ajaran 2020/2021
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |