The Correlation of Intention, Social Support, Information Accessibility, and Personal Autonomy on Indonesian Health Insurance (JKN) Membership
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
World Bank. Health financing system assessment: JKN health insurance reform in Indonesia. 2020.
Satriawan D, Pitoyo A, Giyarsih S. Cakupan kesehatan universal (UHC) pekerja sektor informal di Indonesia. Tataloka. 2020;22(4):556–72.
Hartono R. Equity level of health insurance ownership in Indonesia. Kesmas: National Public Health Journal. 2017;12(2):93–100.
DJSN. Cakupan Kepesertaan BPJS Kesehatan. Sistem monitoring terpadu JKN.
Rahayu, Duwi. Hubungan Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, dan Sosial Ekonomi dengan Kepesertaan Masyarakat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kelurahan Guntung Payung Kota Banjarbaru Tahun 2022. [Banjarmasin]: Universitas Islam Kalimantan MAB; 2022.
Putra FN. Ex ante moral hazard pada sistem jaminan kesehatan nasional (JKN) di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia. 2020;5(1):1–12.
Arisnawaty, Mahmudah. Hubungan persepsi masyarakat dengan kepesertaan JKN mandiri di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Bakau tahun 2021. An-Nadaa Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021;8(2):191–5.
Hikmah Z, Hidana R, Chotimah I. Faktor pengetahuan, dukungan sosial dan niat yang berhubungan dengan kepesertaan BPJS kesehatan mandiri kepala keluarga di Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor tahun 2018. Promotor. 2019;2(3):240–9.
Darmayanti L, Raharjo B. Keikutsertaan masyarakat dalam jaminan kesehatan nasional mandiri. Higeia Journal of Public Health Research and Development. 2020;4(4):824–34.
Apriliani S, Raharjo B. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepesertaan Jaminan kesehatan Nasional (JKN) mandiri. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition. 2021;1(3):472–8.
Melinda M, Suparwati A, Suryoputro A. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Minat Masyarakat Dalam Keikutsertaan BPJS Mandiri Di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2016;4(4):86–93.
Fadila R, Dewiyani A. Faktor yang Berhubungan dengan Rendahnya Kepesertaan Program JKN di Kota Malang. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia. 2022;8(2):179–89.
Asriningrum S. Korelasi antara Niat, Dukungan Sosial, Informasi Kesehatan, Otonomi Pribadi, Situasi untuk Bertindak dalam Merubah Perilaku Perawat Memilah limbah Medis di RS Al Islam Bandung. Jurnal Teras Kesehatan. 2019;2(1):99–113.
Nadiyah H, Subriman D. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepesertaan program JKN di wilayah kerja Puskesmas Remaja Kota Samarinda. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). 2017;5(3):2356–3346.
Amalia I, Purnamasari A, Ardhiasti A. Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Sosial dengan Keikutsertaan Masyarakat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Preventif. 2023;14(3):542–52.
Pakpahan M, Siregar D, Susilawaty A, Tasnim, Ramdany M, Manurung E, et al. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. 1st ed. Vol. 1. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2021.
Munawarah V, Anggraini W, Azzahra D, Gurning F. Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional pada Layanan Kesehatan Puskesmas (Literature Review). Jurnal Kesehatan Tambusai. 2023;4(3):2229–37.
Nadhiroh E, Indrawati F. Determinan Kepemilikan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Grobogan Kabupaten Grobogan. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021;9(6):802–9.
Laila J, Ainy A, Safriantini D. Determinan keputusan pekerja mandiri menjadi peserta jaminan kesehatan nasional. Disease Prevention and Public Health Journal. 2020;14(1):21–9.
Dwikayana I, Puwradhi, Wahyudi B, Mubarok A. Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasiern di Klinik B Husada Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen Rumah Sakit. 2024;2(1):1–12.
Asmoro R, Rohendi A, Wahyudi B, Jujur U. Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Pelayanan Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Prosiding Magister Manajemen ARS University. 2023;1:1–8.
Anisah A, Rohendi A, Rahim A. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Khusus Paru Karawang. Innovative: Journal Of Social Science Research. 2023;3(4):9151–64.
Wijaya H, Rohendi A, Mulyani K. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Kewajaran Harga terhadap Kepuasan Pasien di Klinik S, Tangerang Selatan. Innovative: Journal Of Social Science Research. 2024;4(1):2446–57.
Pratiwi A, Rohendi, Widjaja Y. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien yang Berdampak pada Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Jatinom Klaten. Jurnal Manajemen Rumah Sakit. 2024;2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v10i2.20432
Article Metrics
Abstract view : 71 timesPDF - 40 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.