Efektifitas Aromaterapi Lavender terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Osce pada Mahasiswa Keperawatan

Aris Setyawan, Eka Oktavianto

Abstract


Objective Structured Clinical Examintion (OSCE) merupakan salah satu metode penilaian kompetensi klinis. OSCE menimbulkan tekanan karena harus mengkolaborasikan skill dengan daya ingat yang kuat sehingga meningkatkan kecemasan yang akan berdampak pada perfoma mahasiswa. Salah satu bentuk strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan adalah dengan aromaterapi jenis lavender yang mempunyai sifat menenangkan, merangsang tidur, efek anxyolitic (anti kecemasan), dan efek psikologis lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas aromaterapi terhadap tingkat kecemasan menghadapi OSCE pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pendekatan pre-post test with control design. Jumlah sampel sebanyak 32 responden yang terdiri dari 16 responden sebagai kelompok kontrol dan 16 responden sebagai kelompok intervensi (mendapat perlakuan aromaterapi lavender dengan cara inhalasi/menghirup aromaterapi yang telah diteteskan pada cutton bud). Sampel diambil menggunakan teknik simple random sample. Analisis data menggunakan Paired Sample Test. Hasil penelitian didapatkan terjadi penurunan kelompok intervensi sebelum pemberian aroma terapi 57,75 menjadi 51,31 dengan p = 0,001 < 0,05. Aromaterapi lavender efektif dalam menurunkan kecemasan menghadapi OSCE pada mahasiswa keperawatan. Penurunan kecemasan terjadi karena salah satu kandungan lavender yaitu linalool yang mempunyai efek anxyolitic (anti kecemasan).

Keywords


OSCE; kecemasan; aromaterapi lavender.

References


Mitchell ML, Henderson A, Groves M, Dalton M, Nulty D. The Objective Structured Clinical Examination (OSCE): Optimising Its Value In the Undergraduate Nursing Curriculum. Nurse Educ. 2009; 29(4): 398-404.

Miller GE. The Assessment of Clinical Skills / Competence / Performance. Acad. Med. 1990; 65(9): 63-7.

Feletti GI, Neame RLB. Curricular Strategies for Reducing Examination Anxiety. High. Educ 1981; 10(6): 675–86.

Mary RA, Marslin G, Franklin G, Sheeba CJ. Test Anxiety Levels of Board Exam Going Students in Tamil Nadu, India. Biomed Res. Int; 2014.

Prato CA. Biofeedback Assisted Relaxation Training Program to Decrease Test Anxiety in Nursing Students. Nursing Education Perpsective. 2009; 34(2): 76-81.

Potter P, Perry AG. Fundamental of Nursing: Consep, Proses and Practice. Ed. I. Vol 3, 2010.

Atsumi T, Tonosaki K. Smelling Lavender and Rosemary Increases Free Radical Scavenging Activity and Decreases Cortisol Level in Saliva. Psychiatry Res. 2007; 150(1): 89–96.

Woelk H, Schlafke S. A Multi-Center, Double-Blind, Randomised Study of The Lavender Oil Preparation Silexan in Comparison to Lorazepam for Generalized Anxiety Disorder. Phytomedicine. 2010; 17(2): 94–9.

Nuraini D. Aneka Manfaat Bunga untuk Kesehatan. Yogyakarta: Yogyakarta Gaya Media; 2014.

Agustiar W, Asmi Y. Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XII SMA Negeri X Jakarta Selatan. J. Psikol. 2010; 8(1): 9–15.

Amir DP, Iryani D, Isrona L. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. J. Kesehatan Andalas. 2016; 5(1): 139-42.

Lyra CS, Nakai LS, Marques AP. Effectiveness of Aromatherapy In Reducing Stress and Anxiety Levels in Undergraduate Health Science Students: a Preliminary Study. Fisioter e Pesqui. 2010; 17(1): 13–7.

Ali B, Al-Wabel NA, Shams S, Ahamad A, S. Khan A, Anwar F. Essential Oils used in Aromatherapy: A Systemic Review. Asian Pac. J. Trop. Biomed. 2015; 5(8): 601–11.

Sherwood L. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Jakarta: EGC; 2014.

Afolayan JA, Donald B, Onasoga O, Babafemi A, and A. Agama Juan, . Relationship Between Anxiety and Academic Performance of Nursing Students, Niger Delta University, Bayelsa State, Nigeria. Adv. Appl. Sci. Res. 2013; 4(5): 25–33.

Harada H, Kashiwadani H, Kanmura Y, Kuwaki T. Linalool Odor-Induced Anxiolytic Effects in Mice. Front. Behav. Neurosci. 2018; 12: 241.

Lindquist R, Tracy MF, Snyder M, Complementary and Alternative Therapies in Nursing. Springer Publishing Company, 2018.

Kavurmacı M, Kucukoglu S, Tan M. Effectiveness of Aromatherapy in Reducing Test Anxiety Among Nursing Students. Indian Journal of Traditional Knowledege. 2015; 14(1): 52-6.

Edris AE. Pharmaceutical and Therapeutic Potentials of Essential Oils and Their Individual Volatile Constituents: A Review,” Phyther. Res. An Int. J. Devoted to Pharmacol. Toxicol. Eval. Nat. Prod. Deriv. 2007; 21(4): 308–23.

Mathiazhagan S, Anand S, Parthiban R, B. Sankaranarayanan B, Suresh S. Antidepressant-Like Effect of Ethanolic Extract from Caryophyllus Aromaticus in Albino Rats. IOSR-JDMS. 2013; 4(2): 37–40.

Zhang N, Zhang L, Feng L, Yao L. The Anxiolytic Effect of Essential Oil of Cananga Odorata Exposure on Mice and Determination of Its Major Active Constituents. Phytomedicine 2016; 23(14): 1727–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v6i1.8356

Article Metrics

Abstract view : 2688 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

              

    

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats