Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran GASING (Gampang, Asyik, Dan Menyenangkan) Pada Siswa Kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Pri Ariadi Cahya Dinata, M. Arifuddin Jamal, Mastuang Mastuang

Abstract


Motivasi belajar siswa yang rendah ternyata berefek pada hasil belajar. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan). Tujuan khusus penelitian untuk mendeskripsikan: (1) Keterlaksanaan RPP, (2) Aktivitas siswa, (3) Motivasi belajar siswa, (4) Hasil belajar siswa. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Hopkins yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus meliputi plan, action/observation, dan reflective. Data diperoleh melaluit tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian yaitu: (1) Keterlaksanaan RPP sangat baik, (2) Aktivitas siswa menunjukkan pembelajaran yang berpusat pada guru, (3) Motivasi belajar siswa meningkat dilihat dari hasil angket ARCS dengan nilai motivasi pada siklus I sebesar 3,71, siklus II sebesar 3,80, dan siklus III sebesar 3,99, (4). Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dimana ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 68,18%, ketuntasan klasikal siklus II sebesar 90,90%, dan ketuntasan klasikal siklus III sebesar 100%. Diperoleh simpulan bahwa metode pembelajaran gasing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin.

 


Keywords


motivasi belajar; hasil belajar; gasing

References


Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta: Referensi.

Faizah, S. Rizanatul. (2012). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, Dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Man 1 Purwodadi Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Materi Pokok Gerak. Skripsi Sarjana. Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang. Dipublikasikan di http://eprints.walisongo.ac.id/970/. Diakses tanggal 20 September 2015.

Fathurrahman dan Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama

Halliday, D. R. Resnick, dan J. Walker. Dasar-Dasar Fisika. Tangerang: Binarupa Aksara.

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka pelajar..

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sukarmin, M. (2013). Model pembelajaran pemecahan masalah dengan metode gasing untuk meningkatkan penguasaan konsep dan minat belajar siswa pada pokok bahasan gerak kelas VII SMP. Tesis Magister. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Dipublikasikan di http://repository.upi.edu/2035/. Diakses tanggal 20 september 2015.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, M. Sobry, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v4i2.1269

Article Metrics

Abstract view : 1315 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 738 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License