MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FENOMENA (PBF)

Novinda Rizkyanda, M. Arifuddin Jamal, Suyidno Suyidno

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam melalui model PBF pada pokok bahasan konsep zat. Secara khusus untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP model PBF, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas model Hopkins. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep pada aspek translasi, aspek interpretasi, dan aspek ekstrapolasi. Hasil observasi pada pembelajaran model PBF terlaksana dengan baik dan aktivitas siswa mengarah pada student centered learning. Berdasarkan angket yang disebar menunjukkan respon siswa  terhadap pembelajaran secara umum tergolong baik. Diperoleh simpulan bahwa pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan melalui model PBF.

 

Kata kunci: Pemahaman konsep, model PBF, konsep zat


References


Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, O. 2003.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriana, D. 2011. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Muslich, M. 2011. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rizkyanda, N. 2013.Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Mataraman Melalui Model Pembelajaran Berbasis Fenomena (PBF) Pada Konsep Zat. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Sudjana, N. 2011.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Vestari, D. 2009. Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fluida Statis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Tesis SPs UPI.http://repository.upi.edu/operator/T_IPA_0709219. Diakses, 3 Oktober 2012.

Yudiana, H. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi FPMIPA UPI. http://repository.upi.edu/operator/s-fis-053753. Diakses, 03 Oktober 2012.

________. Model ARCS.http://ihashimi.aurasolution.com. Diakses, 26 Desember 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v1i1.862

Article Metrics

Abstract view : 692 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 531 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License