ROPITRI: MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang layak yang terpenuhi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi rangkaian tahap mulai dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika dengan sebutan “ROPITRI” ini telah terbukti valid, praktis, dan efektif. ROPITRI singkatan dari roda putar trigonometri yang merupakan media pembelajaran matematika materi trigonometri yang berisi penentuan nilai sin cos tan sudut-sudut istimewa trigonometri. Selain itu, ROPITRI juga memuat turunan dan integral sinus cosinus, dan kuadran trigonometri. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan terhadap ahli materi menunjukkan prosentase 75% yang termasuk dalam kriteria “valid” dan prosentasi dari hasil validasi oleh ahli media sebesar 90% tergolong kriteria “sangat valid”. Prosentase hasil uji kepraktisan terhadap guru sebesar 93% dan sebesar 89% hasil kepraktisan terhadap siswa menunjukkan bahwa ROPITRI termasuk dalam kriteria “sangat praktis”. Selanjutnya untuk uji keefektifan ROPITRI, penelitian ini menggunakan skala guttman dan menghasilkan koefisien reprodubilitas sebesar 0,9085 dan koefisien skalabilitas sebesar 0,6216 yang termasuk dalam kategori efektif. Dengan demikian, ROPITRI dapat dijadikan sebagai pendukung dalam pembelajaran matematika yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi trigonometri.
Kata kunci: ROPITRI, media pembelajaran, trigonometri, motivasi belajar
Abstract: The purpose of this research is to produce proper mathematics learning media that fulfill validity, practicality, and effectiveness. This research is development research using Research and Development (R&D) with the ADDIE model which includes a series of stages starting from analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this study indicate that the mathematics learning media known as "ROPITRI" has proven to be valid, practical, and effective. ROPITRI stands for trigonometry rotary wheel which is a medium for learning mathematics trigonometry material that contains the determination of the sin cos tan values of trigonometry special angles. Apart from that, ROPITRI also contains derivatives and integrals of sine cosine and trigonometry quadrants. Based on the results of the validation carried out on material experts, it shows that the percentage of 75% is included in the "valid" criteria and the percentage of the validation results by media experts is 90% which is classified as "very valid" criteria. The percentage of practicality test results for teachers is 93% and 89% of practical results for students show that ROPITRI is included in the "very practical" criteria. Furthermore, to test the effectiveness of ROPITRI, this study uses the Guttman scale and produces a reproducibility coefficient of 0.9085 and a scalability coefficient of 0.6216 which are included in the effective category. Thus, ROPITRI can be used as a support in learning mathematics which can increase student motivation in trigonometry material.
Keywords: ROPITRI, learning media, trigonometry, learning motivation
Full Text:
PDFReferences
Adi, L. (2022). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1-9.
Amalia, Z. L. Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA, Balapa, 6(1), 1-11.
Angelina, C., Siregar, J., Kusnadi, S. A. A., Jannah, M., Wardani, S. I., & Leonard, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar untuk Materi Trigonometri. Journal Of Instructional Development Research, 2(2), 81-94.
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Edupedia, 4(2), 172-180.
Dwiranata, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis android Pada materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Karuniakhalida, P., Maimunah, M., & Murni, A. (2019). Development of ICT-Based Mathematical Media on Linear Program Materials to improve motivation learning students. Journal of Educational Sciences, 3(2), 195-204.
Kusuma, F.I., Suryani, N, Sumaryati, S. (2021). Mobile Application-Based Media Learning and Its’ Effect on Students’ Learning Motivation. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(3), 1353-1359.
Maulida, N., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2018). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 6(1), 28-33.
Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 257-263.
Nur, A. & Hartatik, S. (2019) Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4 (2), 209-216.
Nuraisyah, Fitriani. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Maket Ekosistem Tema Ekosistem Untuk Kelas V SD Yamastho Surabaya. Thesis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Nurhidayati, T. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 55-64.
Pertiwi, C. M., & Ekayanti, A. (2020). Media Pembelajaran GeoGebra" Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60.
Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional, hlm. 6
Sari, A. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama
Sumaji, S., & Wahyudi, W. (2020). Refleksi Pembelajaran Matematika SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan dan Pertidak-samaan Linear Mutlak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 746-755.
Sumantri, S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Supardi, U.S. (2013). Hasil Belajar Metematika Siswa Ditinjau dari Interaksi Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Jurnal formatif, 3(2), 78–96.
Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., Pujiasti, D. A., & Adiredja, R. K. (2021). The Influence of Lectora Inspire-Based Interactive Learning Media on Students’ Learning Motivation and Mathematical Reasoning Abilities in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1). IOP Publishing.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengem-bangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Tabuena, A. C., & Pentang, J. (2021). Learning Motivation and Utilization of Virtual Media in Learning Mathematics. Asia-Africa Journal of Recent Scientific Research, 1, 65-75.
Tessmer, M and Harris, D. (2014). Analysing the Instructional Setting. London: Routledge
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.
Widoyoko, E.P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14160
Article Metrics
Abstract view : 966 timesPDF - 349 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.