Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble di SMP
Abstract
Salah satu cara pengajaran matematika yang mampu membuat siswa aktif berpikir adalah pembelajaran dengan model kooperatif. Salah satu tipe dari model kooperatif yang digunakan adalah tipe scramble. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Gambut pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Sedangkan objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan aktivitas belajar siswa termasuk dalam kriteria sangat baik, motivasi belajar matematika siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa termasuk dalam kriteria amat baik.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe scramble, motivasi, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatrif Tipe Scramble di Kelas VII SMP Negeri 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip-Teknik-Prosedur. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Astuti. 2010. Motivasi Belajar. http://eprints.uny.ac.id/pengertian motivasi belajar.pdf/. Diakses pada tanggal 14 Juni 2014.
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. 2003. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara, Jakarta.
Darsim. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Dipadu Dengan Metode Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Prisma Dan Limas Siswa Kelas VIII A Semester 2 SMP Negeri 2 Karanggayam Kebumen Tahun Ajaran 2010/2011. http://library.ikippgrismg.ac.id/docfiles/fulltext/ba13232a292113ba.pdf/. Diakses pada tanggal 5 Maret 2014.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.
Djamarah. 2008. Pengertian Aktivitas Belajar. http://digilib.ump.ac.id/jhptump-a-linatussho-667-2-babii.pdf/. Diakses pada tanggal 15 Juli 2014.
Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Ibrahim, Muslimin. dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Surabaya, Surabaya.
Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo, Yogyakarta.
Putri, A.A. 2011. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII C SMP Anggrek Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Scramble. http://eprints.uny.ac.id/10728/. Diakses pada tanggal 5 Maret 2014.
Sardiman. 2003. Pengertian Motivasi. http://eprints.uny.ac.id/pengertian motivasi belajar.pdf/. Diakses pada tanggal 14 Juni 2014.
Sardiman. 2011. Jenis Aktivitas Belajar. http:// http://digilib.ump.ac.id/jhptump-a-linatussho-667-2-babii.pdf/. Diakses pada tanggal 15 Juli 2014.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. http://harminingsih.blogspot.com/2008/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar.html/. Diakses pada tanggal 6 Maret 2014.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sudrajat. 2008. Teori-Teori Motivasi Belajar. http://ekokhoerul.wordpress.com/2012/06/25/teori-teori-motivasi-belajar/#more-40. Diakses pada tanggal 15 Juni 2014.
Sugianto. 2011. Teori-Teori Motivasi Belajar. http://ekokhoerul.wordpress.com/2012/06/25/teori-teori-motivasi-belajar/#more-40. Diakses pada tanggal 15 Juni 2014.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka, Surabaya.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. http://h2dy.wordpress.com/2009/02/16/pentingnya-motivasi-dalam-belajar/. Diakses pada tanggal 6 Maret 2014
Tim Depdiknas Kalsel. 2004. Pedoman Penyelenggaraan Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Akhir Nasional Bagi Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2003/2004 Provinsi Kalimantan Selatan. Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin.
Tim Dosen PMIPA. 2007. Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah Edisi V. Jurusan PMIPA FKIP Unlam, Banjarmasin.
Usman dan Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.638
Article Metrics
Abstract view : 2616 timesPDF - 2479 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.