PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Meyla Kurniawati, Harja Santanapurba, Elli Kusumawati

Abstract


Abstrak: Terbukanya sumber belajar yang luas bagi siswa memberikan ruang kepada guru untuk beralih dari teacher centered learning menuju student cen­tered learning. Hal ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis blended learning meng­gunakan model flipped classroom yang memadukan pembelajaran online di rumah dan tatap muka di kelas. Dengan adanya internet yang menyediakan berbagai learning management system seperti Google Classroom, guru dapat membuat kelas virtual untuk melaksanakan pembe­lajaran online di rumah agar siswa terlatih bertindak aktif dan mandiri dalam belajar. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan proses pem­belajaran blended learning, menilai hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dengan perempuan, dan menilai tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif mengambil subjek siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data berupa statistik des­krip­tif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik, hasil belajar siswa berada pada kategori cukup, terdapat perbe­daan hasil belajar antara siswa laki-laki dengan perempuan, dan tanggapan siswa berada pada kategori sangat tinggi.

 

Kata kunci: Blended Learning, Flipped Classroom, Google Classroom

 

Abstract: The opening of extensive learning resources for students provides space for teachers to switch from teacher centered learning to student centered learning. This can be implemented in blended learning using a flipped classroom model that combines online learning at home and face to face in class. With the internet that pro­vides various learning management systems such as Google Classroom, teachers can create virtual classes to carry out online learning at home so that trained students act actively and independently in learning. This research is aimed to describe the blended learning process, assess student learning outcomes, know differences in learning outcomes between male and female students, and assess student responses. This study used a descriptive method taking the subject of students grade VII A in SMP Negeri 9 Banjarmasin in the school year 2018/2019 totaling 36 students. Data collec­tion techniques in the form of observations, tests, and questionnaires. The data analy­sis techniques were descriptive and inferential statistics. The results showed that the learning process was in a very good category, student learning outcomes were in a sufficient category, there were differences in learning outcomes between male and female students, and student responses were in the very high category.

 

Keywords: Blended Learning, Flipped Classroom, Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Bergmann , J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. Colorado: The International Society for Technology in Education (ISTE).

Capone, R., De Caterina, P., & Mazza, G. (2017). Blended Learning, Flipped Classroom and Virtual Environment: Challenges and Opportunities for The 21st Century Students. Proceedings of EDULEARN17 Conference, (pp. 10478-10482). Barcelona, Spain.

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Google. (2017). All About Google Classroom. Retrieved from Google Support: htpps://support.google.com/edu/classroom/answer/6020279?hl=en

Graham, C. R. (2006). Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. In C. J. Bonk, & C. R. Graham,

Handbook of blended learning: Global Perspectives, Local Designs. San Francisco: Pfeiffer Publishing.

Hayati, R. (2018). Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Kajian Teoritis. Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika dan Pembelajarannya (pp. 496-502). Purworejo: UMP.

Herreid, C. F., & Schiller, N. A. (2013). Case Studies and Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching 42(5), 62-66.

Igirisa, N. ( 2017). Pengaruh Model Flipped Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 02(1), 80-84.

Sariasih, P. N. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Datar Segi Empat pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Manggis Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Denpasar: Universitas Mahasaraswati.

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8-16.

Tukidi. (2018). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Kajian Wilayah dengan Pendekatan Inkuiri. Harmony, 3(1), 76-85.

Yanuarto, W. N. (2018). Flipped Classroom Learning Model untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika dan Memaksimalkan Peran Teknologi pada Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 13-19.

Yildrim, F. S., & Kiray, S. A. (2016). Flipped Classroom Model in Education. Research Highlights in Education and Science, 2-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Article Metrics

Abstract view : 10875 times
PDF - 19269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:


 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.