PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI KELAS XI MIPA SMAN 5 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada Materi aplikasi turunan dengan menggunakan model pembelajaran CORE, (2) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada Materi aplikasi turunan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun teknik yang digunakan untuk pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisisnya menggunakan statistika deskriptif maupun inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran CORE termasuk kriteria baik, (2) hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran langsung termasuk kriteria kurang, dan (3) model pembelajaran CORE berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aplikasi turunan fungsi kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: model pembelajaran CORE, hasil belajar, HOTS
Abstract: This study aimed to determine (1) student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material using the CORE learning model, (2) student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material using direct learning models, and (3) the effect of CORE learning model towards student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material. This study used a quasi-experimental method with the population of all students in eleventh grade of MIPA SMAN 5 Banjarmasin. The sampling technique was purposive sampling, so that two classes were taken as the experimental class and the control class. The techniques used for data collection were documentation and tests. The analysis technique uses descriptive and inferential statistics. The results of the study show that (1) student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material of eleventh grade MIPA SMAN 5 Banjarmasin in the academic year 2017/2018 by applying the CORE learning model including good criteria, (2) student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material from eleventh grade MIPA SMAN 5 Banjarmasin academic year 2017/2018 by applying the direct learning model including deficient criteria, and (3) the CORE learning model has an effect on student learning outcomes in solving HOTS questions on the derivative function application material from eleventh grade MIPA SMAN 5 Banjarmasin academic year 2017/2018.
Keywords: CORE learning model, learning outcomes, HOTS
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Aqib, Z. (2014). model-model,media, dan staregi pembelajaran kontekstual (inovatif). bandung: yrama widya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penilaian suatu Pendekatan Praktik. jakarta: Reneka Cipta.
Badar, T. I. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progersif dsn Konstekstual. Jakarta: Prenamedia Grup.
Budianto, A. K. (2016). Sintaks 45 Model Pembelajaran dengan Students Centered Learning (CTL). Malang: UMM.
Hendriana, H., Rohaeti, E.E., Sumarno, U. (2017). Hard Skll & Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Jihad, A. & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Prasindo.
Nugroho, R. A. (2018). HOTS. Jakarta: Grasindo.
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Siregar, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandinga Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yangnn nnKreatif nnnnda Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, E.N. & Baharuddin. (2012). Teori Belajar & Pembelajaran. jogyakarta: Ar-ruzz Media.
Wicaksana, N. J.; wirya, I N., & Margunayasa, G.. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting Organizing reflekting Extending) Berbasis Koneksi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i2.9854
Article Metrics
Abstract view : 818 timesPDF - 703 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.