Pengembangan bahan ajar konsep pengantar bioteknologi untuk peserta didik fase E berbentuk e-handout

Noor Khalida, Noorhidayati Noorhidayati, Sri Amintarti

Abstract


21st century learning demands creativity and innovation in the idea of digitizing teaching materials to facilitate students’ 6C competencies. The teaching material was chosen is E-handout. This study aims to describe the suitability, feasibility and readability of the results of the Development of Teaching Materials for Biotechnology Introduction Concepts for Phase E Students in the form of E-handout. This research uses the 4D model of Thiagarajan et al. (1974). The data collection technique uses validation instruments for suitability, feasibility and readability of students. The suitability and feasibility test subjects consisted of 3 validators. The readability test subjects consisted of 9 students of class XI-4 at SMAN 4 Banjarmasin T.A. 2023/2024. The results of research on the Development of Teaching Materials for Biotechnology Introduction Concepts for Phase E Students in the form of E-Handouts obtained: (1) The average suitability score of 4.62 which is classified as "very suitable" meaning that this E-Handout is very suitable for learning objectives, content, examples, language, format, and presentation. (2) The average feasibility score is 4.58 which is classified as "very feasible" meaning that this E-Handout is very feasible to use as teaching material in Biotechnology Introduction Concepts. (3) The average readability score is 4.59 which is classified as "very good" meaning this E-Handout is very good and easy to read. The result of research shows that the E-Handout has been developed can support learning of Biotechnology Introduction Concepts. 

Pembelajaran abad 21 menuntut kreativitas dan inovasi dalam ide digitalisasi bahan ajar untuk memfasilitasi kompetensi 6C peserta didik. Bahan ajar yang dipilih adalah E-Handout. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan hasil dari Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pengantar Bioteknologi Untuk Peserta Didik Fase E (SMA) Berbentuk E-Handout. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan et al. (1974). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan peserta didik. Subjek uji kesesuaian dan kelayakan terdiri atas 3 orang validator. Subjek uji keterbacaan terdiri dari 9 orang peserta didik kelas XI-4 SMAN 4 Banjarmasin T.A. 2023/2024. Hasil penelitian “Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pengantar Bioteknologi Untuk Peserta Didik Fase E (SMA) Berbentuk E-Handout” memperoleh : (1) rata-rata skor kesesuaian sebesar 4,62 yang tergolong “sangat sesuai” artinya E-Handout ini telah sesuai dengan tujuan pembelajaran, isi, contoh-contoh, bahasa, format, dan penyajian. (2) Rata-rata skor kelayakan sebesar 4,58 yang tergolong “sangat layak” artinya E-Handout ini telah layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Rata-rata skor keterbacaan sebesar 4,59 yang tergolong “sangat baik” artinya E-Handout ini sangat baik dan mudah dibaca oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa    E-Handout yang telah dikembangkan dapat menunjang pembelajaran konsep Pengantar Bioteknologi.


Keywords


bahan ajar, e-handout, pengantar bioteknologi, peserta didik fase E

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. & Prabowo, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Educational Statistics Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, (Online), Jilid 9, No. 4, (https://ojs.fkip.ummetro.ac.id, diakses 03 Mei 2024).

Aulia, W.U., Khairuddin. & Rasyidah. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Al-Qur’an pada Materi Bioteknologi. Journal of Cahaya Mandalika, (Online), Jilid 3, No. 1, (https://ojs.cahayamandalika.com, diakses 03 Mei 2024).

Dina, N., Amintarti, S. & Putra, A.P. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Materi Pteridophyta di Taman Buah Lokal Kawasan Mangrove Rambai Center Sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, (Online), Jilid 1, No. 3, (https://jurnal.jomparnd.com, diakses 03 Mei 2024).

Estari, A.W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Education Studies : Conference Series, (Online), Jilid 3, No. 3, (https://jurnal.uns.ac.id, diakses 03 Mei 2024).

Filmi, R. F., Ibrohim, I., & Prabaningtyas, S. The effect of the problem-oriented project-based learning (POPBL) model on high school students' collaboration skills on metabolic and cell division materials. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 6(1), 98-104.

Handayani, S., Halidjah, S., & Ghasya, D.A.V. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), (Online), Jilid 10, No. 3, (https://jurnal.untan.ac.id, diakses 02 Mei 2024).

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito., Samala, A.D., Riyanda, A.F. & Adi, N.H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 4, No. 2, (https://edukatif.org, diakses 02 Mei 2024).

Jauharati., Hardiansyah. & Halang, B. (2022). Pengembangan Handout Berbasis Flip HTML5 pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, (Online), Jilid 1, No. 3, (https://jurnal.jomparnd.com, diakses 03 Mei 2024).

Khotimah, K., Noorhidayati. & Hardiansyah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Pernapasan pada Manusia di SMA Berbentuk E-Handout Berbasis Flip HTML5. Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, (Online), Jilid 1, No. 2, (https://jurnal.jomparnd.com, diakses 03 Mei 2024).

Lestari, P.B. & Hartati, T.W. (2017). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Inkuiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Paper presented at Proceeding Biology Education Conference, IKIP Budi Utomo, Malang, Oktober (pp. 518-521).

Magdalena, I., Prabandani, R.O., Rini, E.S., Fitriani, M.A. & Putri, A.A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, (Online), Jilid 2, No. 2, (https://ejournal.stitpn.ac.id, diakses 04 Mei 2024).

Malikah, S. & Wafroturrohmah. (2022). Konsep Pendidikan Abad 21: Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5, No. 7, (https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id, diakses 04 Mei 2024).

Mayanda, L.A., Helendra., Ardi, & Rahmi, Y.L. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan E-Handout terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi. Jurnal Pendidikan Tambusai, (Online), Jilid 7, No. 2, (https://jptam.org, diakses 04 Mei 2024).

Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmatina, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Sub Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan di SMA/MA dalam Bentuk E-Handout, (http://digilib.ulm.ac.id/25515) Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Rizki, T., & Adlini, M. N. (2022) Problem based Learning: Its effect on problem solving skills of Islamic Boarding School student. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 276-281.

Salsabilla, I.I., Jannah, E. & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, (Online), Jilid 3, No. 1, (https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id, diakses 02 Mei 2024).

Silka. Lolang, E., Karuru, P., Pakiding, A. & Saka, B.G.M. (2023). Analisis Kesesuaian Gambar dengan Konten pada Buku Ajar Fisika SMA di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, (Online), Jilid 14, No. 2, (https://journal.upgris.ac.id, diakses 02 Mei 2024).

Suprihatin, S. & Manik, Y.M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, (Online), Jilid 8, No. 1, (https://ojs.fkip.ummetro.ac.id, diakses 04 Mei 2024).

Thiagarajan, S., Semmel, D.S, & Semmel, M.I. (1974). Instructional Develop for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Wati, E., Noorhidayati., & Putra, A.P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Koordinasi pada Manusia di SMA Berbentuk E-Modul Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, (Online), Jilid 2, No. 2, (https://jurnal.jomparnd.com, diakses 02 Mei 2024).

Widoyoko, E.P. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by

This work is licensed under CC BY 4.0