Implementasi model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi ekosistem
Abstract
The aim of this writing is to improve the learning outcomes and critical thinking abilities of class X students on ecosystem material through the application of the Project Based Learning model. This writing uses the Classroom Action Research (PTK) method carried out in two cycles. Each cycle consists of two meetings which include planning, action, observation and reflection stages. The writing results show a real increase in students' academic achievement and critical thinking potential. The product cognitive value increased from an average of 69.83 in cycle I to 87.24 in cycle II, the cognitive process value from 70.66 to 77.32. Affective values from aspects of faith (75.86% to 76.72%), mutual cooperation (74.14% to 81.90%), critical reasoning (64.66% to 76.72%), creativity (63.79 % to 80.17%), and independent (72.41% to 81.90%). Psychomotor value from 70.17% to 77.07%. critical thinking ability increased from 70.80 to 77.47. Student responses to learning were very positive with a score of 90.26%. The implementation of the Project Based Learning model is effective in increasing the academic achievement and critical thinking potential of class X students on ecosystem material.
Tujuan penulisan ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi ekosistem melalui implementasi model Project Based Learning. penulisan ini menggunakan metode Penulisan Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penulisan memperlihatkan adanya peningkatan yang nyata dalam prestasi akademik dan potensi berpikir kritis peserta didik. Nilai kognitif produk meningkat dari rata-rata 69,83 pada siklus I menjadi 87,24 pada siklus II, nilai kognitif proses dari 70,66 menjadi 77,32. Nilai afektif dari aspek beriman (75,86% menjadi 76,72%), gotong royong (74,14% menjadi 81,90%), bernalar kritis (64,66% menjadi 76,72%), kreatif (63,79% menjadi 80,17%), dan mandiri (72,41% menjadi 81,90%). Nilai psikomotor dari 70,17% menjadi 77,07%. kemampuan berpikir kritis meningkat dari 70,80 menjadi 77,47. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif dengan skor 90,26%. Implementasi model Project Based Learning efektif terhadap peningkatan prestasi akademik dan potensi berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi ekosistem.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afif, K., Sunismi., & Alifiani. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan 6c (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication, Character, Dan Citizenship) Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(1).
Aimatin, N. (2023). Strategi Guru Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Terpadu Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di Kelas XI MIPA 2 MA Islamiyah Kepung Kediri (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq Jember).
Aini, R. Q., Rachmatullah, A., Harliadi, M. D., & Ha, M. (2020). Indonesian pre-service biology teachers’ and biology education professors’ views on evolution. Science & Education, 29, 713-741.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Jakarta: Prenada Media.
Amalia, S. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIA1 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Pada Materi Jaringan Tumbuhan Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Biology Education, 10(2), 1-12.
Annida, S. F., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pembelahan Sel. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 155-167.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA?. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388-395.Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi 1(1), 67-72.
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8-15.
Damayanti, F. R., Amintarti, S., & Rezeki, A. (2022). pengembangan e-booklet jenis-jenis jamur makroskopis di taman buah lokal kawasan mangrove rambai center sebagai bahan ajar biologi di SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 157-172.
Ermayanti, D. S., & Dwi, S. (2016). Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) pada siswa sekolah menengah atas (SMA). In Prosiding Seminar Nasional Quantum (Vol. 1, pp. 175-181).
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the Prototype of Teaching Materials on the Topic of Classification of Living Things based on the Advantage of Local Wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 113-118.
Fajeriadi, H., Zaini, M., & Dharmono, D. (2019). Validity of the Gastropods popular scientific book in the Pulau Sembilan Kotabaru coastal area for high school students. Journal of Biology Education, 8(2), 142-149.
Febriannisa, D., & Ardi, A. (2023). Meta-analisis pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14825-14831.
Fitriani, R., Surahman, E., & Azzahrah, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(1), 6-11.
Hadiyah, N., Putra, A. P., & Winarti, A. (2022). The creative thinking ability of high school student to ecological problem. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 216-222
Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Buku Profesi Kependidikan. Purwokerto: Pena Persada.
Halimatusyadiah, H. (2020). Analisis Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Harahap, D. Y., Rahmayani, L., Berutu, P. B., & Tanjung, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X IPA Dharma Wanita Persatuan Pemprovsu Tahun 2022. BIODIK, 9(1), 167-173.
Ilmy, L. A., Zaini, M., & Rezeki, A. (2022). Studi penggunaan LKPD-Elektronik konsep keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis: Study on the use of biodiversity concept LKPD-Electronics on learning outcomes and critical thinking skills. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 97-105.
Irhasyuarna, Y., Kusasi, M., Fahmi, F., Fajeriadi, H., Aulia, W. R., Nikmah, S., & Rahili, Z. (2022). Integrated science teaching materials with local wisdom insights to improve students' critical thinking ability. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 328-334.
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, 6(1).
Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58-78.
Kasida, I. (2015). Pengembangan Soal-soal Pilihan Ganda Beralasan Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X Sma Di Wilayah Kabupaten Cirebon (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Kencana, P. C. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Inkuiri di SMAN 5 Bengkulu Selatan. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 233-241.
Komalasari, K. (2017). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104-109.
Kusuma, A. P., & Fatih'Adna, S. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skill (HOTS) sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(2), 150-160.
Lestari, A. S. (2019). The development of web learning based on project in the learning media course at IAIN Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 39-52.
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161-170.
Masril, M., Dakhi, O., & Nasution, T. (2020). Analisis gender dan intellectual intelligence terhadap kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182-191.
Maulana, M. A. (2021). Efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar biologi pada konsep biodiversitas di kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85-95.
Mustofiyah, L. (2020). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2).
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719
Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38-52.
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350-1357.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17-32.
Pujiastuti, I. (2021). Impementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 1-13.
Purwati, E., & Samiu, T. (2022). Implementasi Discovery Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Masa Pemulihan Pembelajaran Di SMKS Pembangunan Ternate (Penelitian Tindakan Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan Mata Pelajaran PKn Materi Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia). Humano: Jurnal Penelitian, 13(2), 87-95.
Putra, A. P., Utami, N. H., & Kaspul, K. (2023). The Effect of CLWD-Flipped Classroom on Student Learning Outcomes: A Quasi-Experimental Study. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 10426-10432.
Putra, A. P., Zaini, M., & Sari, M. M. (2023). Validation of the virus teaching module based on project based learning on creative thinking ability. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 388-394.
Putri, E. S., & Ritonga, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA N 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21010-21019.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830-838.
Rahimawati, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Konsep Invertebrata Melalui Media Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas X IPA Di SMA Negeri 4 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Serambi Konstruktivis, 1(1).
Rahmatullah, & Inanna, I. (2019). Pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas bagi guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19-25.
Rehani, A. & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 487-496.
Rezeki, A., & Zannah, F. (2018). Senior high school students’ attitudes through inquiry-based learning. In 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018) (pp. 21-24). Atlantis Press.
Santosa, T. A. (2020). Analisis masalah pendidikan biologi pada sekolah menengah pertama di era pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 273-278.
Septarini, R. A., & Kholiq, A. (2021). Pengembangan media prest untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sma pada materi momentum dan impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 32-38.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744.
Sholihah, F. N., Wulandari, A., & Qomariyah, U. K. N. (2019). Terrarium Sebagai Media Pembelajaran Lab Mini Untuk Melatih Keterampilan Guru TKIT Al Mishbah Pada Tema Lingkungan Alam. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 1, No. 1, pp. 939-944).
Siman. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Esai. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(1), 1-15.
Solin, J. H. B., Putra, A. P., & Hardiansyah, H. (2022). Pengaruh LKPD Berbasis Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) Pada Konsep Perubahan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Journal of Banua Science Education, 3(1), 9-15.
Suka, S. O. D. G. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Suyitno, S. D., & Yahiji, K. (2023). Implikasi Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Telaga. Journal of Islamic Education Management Research, 2(2), 1-11.
Ulfa, N. A., Hidayatussakinah, H., & Prabawati, R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Biolearning journal, 10(1), 36-40.
Wahyuni, E. N., Zaini, M., & Rezeki, A. (2022). Kualitas LKPD elektronik berbasis keterampilan berpikir kritis pada konsep ekologi jenjang SMA. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(02), 95-102.
Widiastutik, D., Fajriyah, K., Purnamasari, V., & Raharjo, S. (2023). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4090-4096.
Widodo, W., & Nursati, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Latihan Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan Lisan dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Pandak Bantul. Indonesian Journal of Applied Physics, 3(02), 150-157.
Windariyah, D. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Adanu Abimata.
Wulandari, E., Putra, A. P., & Rezeki, A. (2023). Penggunaan Culture Literacy Digital Wetland (CLDW) LKPD Konsep Perubahan Lingkungan Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generik Sains Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 8 Banjarmasin. Journal of Banua Science Education, 3(2), 72-84.
Wulandari, M. P. (2020). Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Yuliawati, E. P. T., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 95-105.
Yusriani, Y., Arsyad, M., & Arafah, K. (2020). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Makassar.
Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7.
Zaini, M., Kaspul, K., & Rezeki, A. (2018). Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi menggunakan model inkuiri. Bioedukasi UNS, 11(1), 17-22.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by
This work is licensed under CC BY 4.0