Pengembangan bahan ajar sub konsep sistem endokrin pada manusia untuk peserta didik sekolah menengah atas fase F berbentuk e-booklet
Abstract
Difficulties in the learning and teaching process of endocrine system material that is considered difficult by students can be assisted by teaching materials in the form of E-Booklets to facilitate students in understanding the concept of the endocrine system. The purpose of the study was to develop an endocrine system E-Booklet using Thiagarajan's 4D model which is carried out in 4 stages, namely, 1) Define, namely analyzing and identifying problems to obtain various information related to the product being developed, 2) Design, which is designing a development that can be used in learning, 3) Develop, which is an assessment by validators carried out by testing suitability and feasibility, and 4) Disseminate, which is disseminating limitedly to test schools and will be carried out scientific publications. The data collection technique used questionnaire instruments for suitability, feasibility, and readability. The research subjects were 3 validators and 12 good participants. The test results of the Endocrine System E-Booklet in Humans showed: 1) The suitability test results have a very suitable category (4.39) which means that the E-Booklet is very suitable for learning objectives, media, format, and language; 2) The feasibility test results have a very feasible category (4.49) which means that the E-Booklet in use is very feasible to use as a biology teaching material; 3) The readability test results have a very good category (4.49) which means that it is very well understood by students. Based on the results of the development test, the E-Booklet of the endocrine system has been obtained in the category of very suitable, very feasible, and very good so that it can be used by students and teachers in the biology learning process.
Kesulitan dalam proses belajar dan mengajar materi sistem endokrin yang dianggap sulit oleh peserta didik dapat dibantu dengan bahan ajar berbentuk E-Booklet untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep sistem endokrin. Tujuan penelitian adalah mengembangkan E-Booklet sistem endokrin menggunakan model 4D Thiagarajan yang dilakukan dalam 4 tahapan yaitu, 1) Define, yaitu menganalisis dan mengidentifikasi masalah untuk memperoleh berbagai informasi yang berkaitan dengan produk yang dikembangkan, 2) Design, yaitu merancang suatu pengembangan yang dapat digunakan dalam pembelajaran, 3) Develop, yaitu penilaian oleh validator dilakukan dengan menguji kesesuaian dan kelayakan, dan 4) Disseminate, yaitu menyebarluaskan secara terbatas pada sekolah uji dan akan dilakukan publikasi ilmiah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan. Subjek penelitian adalah 3 validator dan 12 peserta baik. Hasil pengujian E-Booklet Sistem Endokrin Pada Manusia menunjukkan: 1) Hasil uji kesesuaian memiliki kategori sangat sesuai (4,39) yang berarti E-Booklet sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran, media, format, dan bahasa; 2) Hasil uji kelayakan memiliki kategori sangat layak (4,49) yang berarti E-Booklet secara penggunaan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar biologi; 3) Hasil uji keterbacaan memiliki kategori sangat baik (4,49) yang berarti sangat baik dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hasil uji pengembangan telah diperoleh E-Booklet sistem endokrin dalam kategori sangat sesuai, sangat layak, dan sangat baik sehingga dapat digunakan oleh peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran biologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiliyah, Safinah. (2022). Pengembangan E-Booklet Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Software Flip Pdf Corporate Pada Materi Asam Basa. Skripsi.
Afif, K., Sunismi. & Alifiani. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan 6C (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication, Character, dan Citizenship) pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII. Jp3, 16(1), 284–293.
Agustiani, T. (2021). Pengembangan Media Cerpen IPA Berbasis Pemahaman Konsep Untuk Peserta Didik Kelas Viii Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Gustaning, Guni. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMKN 1 Jenar. Skripsi.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the Prototype of Teaching Materials on the Topic of Classification of Living Things based on the Advantage of Local Wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 113-118.
Fajeriadi, H., Zaini, M., & Dharmono, D. (2019). Validity of the Gastropods popular scientific book in the Pulau Sembilan Kotabaru coastal area for high school students. Journal of Biology Education, 8(2), 142-149.
Irhasyuarna, Y., Kusasi, M., Fahmi, F., Fajeriadi, H., Aulia, W. R., Nikmah, S., & Rahili, Z. (2022). Integrated science teaching materials with local wisdom insights to improve students' critical thinking ability. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 328-334.
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73.
Isnaini, E. (2014). Pengembangan Sumber Belajar IPS Bentuk Majalah Dengan Materi Interaksi Manusia Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi.
Kartika, N. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Regulasi. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung. Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5860.
Lativa, Veren., Syamsurizal, dan Fuadiyah, Sa’diatul. (2021). Urgensi Pengembangan Booklet Dilengkapi Ensiklopedia Tentang Materi Bakteri untuk Kelas X SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Muaripin. (2018). Kajian Pengembangan Bahan Ajar Melalui Analisis KI Dan KD dalam Mata Pelajaran Ski Pada Madrasah Tsanawiyah (MTS.). Tatar Pasundan Jurnal Diklat Keagamaan, 12(33), 114–120. https://doi.org/10.38075/tp.v12i 33.
Ningsih, S., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Universitas Baturaja. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 163-172.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi. org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88.
Rahma, Annida Nur., Noorhidayati., Hardiansyah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI SMA Berbentuk Booklet Elektronik. Jurnal Pendidikan dan Biologi, Vol. 1 No.1.
Rahman. (2019). Perencanaan Karakteristik Tujuan Instruksional Khusus. Diakses melalui http://File.Upi.Edu/195704011984121- Rahman/007_Perencanaan_Karakteristik _Tujuan_Pembelajaran.Pdf.
Saroni, N., HS, W., & Mudiono, A. (2016). Analisis Keterbacaan Teks Pada Buku Tematik Terpadu Kelas V Sd Berdasarkan Grafik Fry. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi” Universitas Negeri Malang, 157–164. http://pgsd.fip. um.ac.id/wpcontent/uploads/2017/01/19.pdf.
Shodikin, Ahmad. (2022). Pengembangan Booklet Digital Pada Materi Perubahan Lingkungan Berdasarkan Kajian Masalah Eksploitasi Gumuk Kecamatann Kalisat untuk Siswa kelas X MIPA Di SMA Negeri Kalisat Jember. Skripsi.
Sungkono., MK Wirasti, S Suyanto., H Sofyan., & A Karsimin. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Triana, Vemmy Sukma., & Sulistiyowati, Eka. (2020). Pengembangan E-Book Berbasis Android Tentang Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Limbah Sebagai Media Pembelajaran Biologi Bagi Siswa SMA/MA Kelas X. Artikel Pemakalah Artikel.
Zaida, Amalia. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Hayati Di Kawasan Mangunharjo. Skripsi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by
This work is licensed under CC BY 4.0