Social Studies Based Learning Technology, Information, and Communication in SMP-SMIP 1946 Banjarmasin

Raihanah Sari, Mahmudah Hasanah

Abstract


Pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) menyentuh ke dalam sendi kehidupan tanpa terkecuali pendidikan. Konkret bentuk pemanfaatan TIK dalam pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran IPS memiliki tantangan untuk memanfaatkan TIK. Saat ini pemanfaatan hanya sebatas penggunaan LCD. Akan tetapi, bentuk inovasi lain belum disentuh. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan teknologi, informasi dan komunikasi terhadap pembelajaran IPS bagi peserta didik SMP SMIP 1946 Banjarmasin guna terwujudnya pembelajaran IPS yang bermakna, menyenangkan dan tentunya muncul peningkatan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran IPS tidak hanya diajarkan secara tradisional saja yaitu dengan cara ceramah, namun memasuki tahap revolusi industri 4.0 pembelajaran IPS tentulah harus lebih bermakna bagi peserta didik, karena IPS mengajarkan kepada peserta didik bagaimana nantinya mereka hidup di masyarakat, bagaimana nantinya mereka menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah sehingga belajar IPS harus bisa mengajak peserta didik untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka. Satu di antaranya dengan menggunakan pembelajaran berbasis teknologi, informasi dan komunikasi. Demikian perlu rasanya kita sebagai pendidik mengelola dengan baik media-media apa saja yang sudah dimiliki sekolah atau media-media apa saja yang perlu dimiliki sekolah demi kelangsungan proses belajar mengajar yang lebih baik.

Keywords


Teknologi, Informasi, Komunikasi; Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fitriyadi, H. (2013). INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN: POTENSI MANFAAT, MASYARAKAT BERBASIS PENGETAHUAN, PENDIDIKAN NILAI, STRATEGI IMPLEMENTASI DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3). https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255

Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Santoso, A. B. (2014). Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Media CD pembelajaran Pada Mata Pelajaran SOCIAL STUDIES Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, (1).

Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Presented at the Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan, Denpasar.

Sa’ud, U. S. (2010). Inovasi Pendidikan (Cet. ke-3). Bandung: Alfabeta.

Suarno, D. T., & Sukirno, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SOCIAL STUDIES DENGAN TEMA PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN SUNGAI UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan SOCIAL STUDIES, 2(2), 115–125. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7663

Sutrisno, S. (2011). PENGANTAR PEMBELAJARAN INOVATIF Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (S. Ibad, Ed.). Retrieved from http://repository.unja.ac.id/2900/




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v1i1.1261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License