The Contribution of Historical Science in Social Studies Teaching Materials in The Junior High School
Abstract
Pembelajaran IPS dipraktikkan pada level sekolah dasar dan menengah. Secara teoritis materi ajar IPS disusun berdasarkan disiplin ilmu sosial yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Satu di antaranya yaitu sejarah yang dimanfaatkan dalam pengembangan materi ajar IPS terutama pada materi kelas VIII SMP/MTs pada BAB IV sub materi Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan, ilmu sejarah syarat akan makna. Pada pelajaran IPS juga banyak memunculkan inovasi baru yang sebagian orang belum mengetahuinya. Adapun Ancaman terhadap pola hidup boros serta terlalu bangga dengan produk luar, dan perilaku seolah tidak peduli terhadap persoalan bangsa sendiri dapat mempengaruhi keadaan pendidikan. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam materi ilmu sejarah dalam kontribusi pada mata pelajaran IPS. Maka peran pada materi sejarah sangat berguna dalam mentransfer nilai-nilai kesejarahan dalam mempersiapkan penerus bangsa Indonesia yang mempunyai karakter sebagai warga Negara Indonesia dengan pembelajaran sejarah pada satuan pendidikan, karena pembelajaran sejarah dapat dijadikan cara dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Studi literatur digunakan untuk menyusun deskripsi yang utuh dalam artikel. Penelusuran artikel publikasi digunakan dalam strategi pencarian dengan menggunakan kata kunci yang sesuai. Pencarian kata kunci dalam mekanisme penelusuran data digunakan untuk mendapatkan hasil melalui google scholar. Metode naratif digunakan untuk mendeskripsikan data hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci untuk menjawab tujuan dari penulisan artikel ini. Hasil penulisan artikel ini bertujuan untuk membhahas makna pada nilai-nilai materi ilmu sejarah pada kontribusi IPS yaitu cinta tanah air, patriotisme, dan nasionalisme untuk memberikan pengetahuan bahwa dengan pembelajaran IPS sangat berperan untuk menumbuhkan karakter peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Internasional Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528
Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949
Alfian, S. Y. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Meringkas dan Format Presentasi terhadap Hasil Belajar Penalaran Argumentatif pada Matapelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(3), 221–232.
Anshori, S. (2016). KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.363
Bunglai, D. (2015). Strategi Pengelolaan Pembelajaran Isu Materi Sejarah “Serupa†dan Sejarah Kontroversial. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 21–35. https://doi.org/10.21009/JPS.042.03
Elmubarok, Z., & Hidayat, D. R. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus, Dan Menyatukan Yang Tercerai. Alfabeta.
Endayani, H. (2018). SEJARAH DAN KONSEP PENDIDIKAN IPS. ITTIHAD, 2(2), Article 2. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/43
Handy, M. R. N. (2016). Membangun Sikap Integrasi Bangsa Melalui Sejarah Nasional. In E. W. Abbas (Ed.), Seminar Internasional Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kebangsaan (pp. 399-406). Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Retrieved 2020.
Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49–54.
Hasan, S. H. (2012). PENDIDIKAN SEJARAH UNTUK MEMPERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875
Hidayat, B. (2020). TINJAUAN HISTORIS PENDIDIKAN IPS DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3493
Hilman, Y. A. (2013). PELEMBAGAAN UPETI SEJAK PRA KOLONIAL HINGGA PEMERINTAHAN PASCA REFORMASI (Studi Kepustakaan tentang Praktik Pemberian Upeti dari Rakyat kepada Negara dan Aparatur Negara) [Masters, University of Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/28740/
Mutiani, M. (2015). Reaktualisasi Pengamalan Nilai Pancasila untuk Demokrasi Indonesia. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(2), 176-183–183. https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2822
Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386
Mutiani, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai dalam Puisi Tanah Huma Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Pada Kurikulum 2013. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11004
Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Samudra Biru.
Putro, H. P. N. (2012). MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH MELALUI PENDEKATAN INKUIRI. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2121
Rasihudin, A. (2019). MENANAMKAN NILAI-NILAI KESEJARAHAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PUISI KEPAHLAWAN. Jurnal Artefak, 6(1), 7–16. https://doi.org/10.25157/ja.v6i1.2045
Ratmelia, Y. (2018). Nilai Moral dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 1(2), 115–121. https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.10711
Rika, N. L., Atmadja, N. B., & Ketut Margi, I. K. (2016). Identifikasi Masalah-masalah yang dihadapi oleh Guru Sejarah dalam Manajemen Kelas pada Pembelajaran Sejarah di SMA (Studi Kasus di SMA N 1 Kubu Desa Sukadana, Kubu, Karangasem, Bali ). Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjps.v4i1.3813
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885
Subiyakto, B., Mutiani, M., & Ridati, R. (2020). Biography K. H. Idham Chalid: Study The Value of Nationalism as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20527/kss.v1i1.1251
Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). NILAI-NILAI GOTONG ROYONG PADA TRADISI BAHAUL DALAM MASYARAKAT BANJAR DI DESA ANDHIKA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. Vidya Karya, 31(2). https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993
Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS (Cetakan: 1). PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, S. (2005). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Susanto, H., & Akmal, H. (2020). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya). FKIP Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8313/
Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Jumriani, J., Faisal, M., & Maulana, I. (2020). The Values of Gotong Royong on BPK (Fire Brigade) Social Activities in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 62–68. https://doi.org/10.20527/kss.v2i1.2465
Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & ABBAS, E. W. Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/
Yefterson, R. B., & Salam, A. (2017). NILAI-NILAI KESEJARAHAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA (STUDI NATURALISTIK INKUIRI DI SMA KOTA PADANG). Diakronika, 17(2), 204–223. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol17-iss2/28
DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:
Managed by:
SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY
Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia
Journal License:
Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License