The Integration of Local Content on Action Materials-Economic Principles Related to Human Needs

Rahmah Rahmah, Mahmudah Hasanah, Mutiani Mutiani

Abstract


Integrasi muatan lokal dalam pembelajaran membantu peserta didik  untuk memahami contoh-contoh pembelajaran secara kontekstual. Perihal ini  juga direspon oleh mata pelajaran IPS, dimana pembelajaran kontekstual dapat membantu peserta didik untuk menguatkan, memperluas, dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya dalam penyelesaian masalah yang ada di lingkungannya. Materi tindakan, motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan yang disajikan dalam buku teks sudah memenuhi standar isi namun, masih minim akan muatan lokal. Artikel  ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan materi dengan memasukkan muatan lokal. Telaah literatur dilakukan dengan memanfaatkan sumber dari jurnal, buku ataupun ebook dan tugas akhir yang sesuai dengan masalah yang dimuat. Penelusuran data dilakukan dengan menggunakan google scholar dan pdfdrive dengan menggunakan kata kunci. Hasil analisis dilakukan dengan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh serta memberikan pemhaman dan penjelasan secukupnya. Hasil penulisan artikel pada  materi tindakan, motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidup memiliki cakupan materi yang cukup dan kurang mendalam serta masih minim akan muatan lokal, sehingga perlu adanya penambahan materi oleh guru dengan menggunakan buku referensi atau literatur lain yang berkaitan dengan materi agar dapat menambah wawasan pengetahuan peserta didik. Melalui pendekatan kontekstual dapat membantu peserta didik dalam memahami materi secara langsung karena dihadapkan dengan permasalahan disekitar peserta didik.


Keywords


Materi; Muatan Lokal; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS (Cetakan Kedua). WAHANA Jaya Abadi. http://eprints.ulm.ac.id/5481/

Abbas, E. W. (2020a). Menulis Artikel Jurnal Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17528

Abbas, E. W. (2020b). Menulis Artikel Konferensi Internasional. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17949

Adhani, A. R. (2013). PENGARUH KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI DAN BEBAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN | Jurnal Ilmu Manajemen (JIM). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/6278

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Baharudin, B., Sumarmi, S., & Towaf, S. M. (2017). PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS SMP. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: Studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Hasanah, M., Abbas, E. W., Subiyakto, B., Fikriah, N., & Syahrin, M. A. (2017). Implementasi Pembelajaran IPS yang Berbasis Kearifan Lokal di SMPN 1 Gambut Kabupaten Banjar. Implementasi Pembelajaran IPS Yang Berbasis Kearifan Lokal Di SMPN 1 Gambut Kabupaten Banjar. http://eprints.ulm.ac.id/5121/

Hidayati, N. W. (2016). HUBUNGAN HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN KENAKALAN REMAJA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), Article 2. http://i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/371

Hikma, N. (2017). ASPEK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). JURNAL HUMANIKA, 3(15), Article 15. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/596

Kemendikbud. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP Pedoman Mata Pelajaran IPS. Kemendikbud.

Khuriyah, L., Utaya, S., & Sapto, A. (2017). KONRIBUSI TRADISI ERAU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL IPS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama.

Lestari, D. J., & Putra, A. P. (2019). MAKNA SIMBOLIK KAKAWIHAN BARUDAK BANTEN: CING CIRIPIT SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER DALAM TINDAKAN, MOTIF, DAN PRINSIP EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 769–773.

Masita, M., & Wulandari, D. (2018). PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16509

Maulidiyah, M., Subiyakto, B., & Hasanah, M. (2020). Economic Activities in The Kebun Rambutan Rakyat Sungai Lulut as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 175–183. https://doi.org/10.20527/kss.v1i2.2040

Muhaimin, M. (2015). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH LOKAL DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI EKOLOGIS PADA PEMBELAJARAN IPS. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 12–21. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1409

Mutiani, M. (2017). IPS DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN: URGENSI PENGEMBANGAN SIKAP KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 45-53–53. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.5718

Mutiani, M. (2019). SOCIAL CAPITAL DAN TANTANGAN ABAD 21: Kontrubusi Pendidikan IPS dan Eksplorasi Nilai Sosial melalui Biografi K.H. Zainal Ilmi. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15408/sd.v6i1.12386

Prihantoro, N. A., Warsono, W., & Sunarto, S. (2017). ANALISIS ISI BUKU TEKS PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP/MTS. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p1-10

Primananda, A., & Y. Sugiarto, Y. S. (2010). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH (Studi Kasus di Perumahan Bukit Semarang Baru, Semarang) [Other, UNIVERSITAS DIPONEGORO]. http://eprints.undip.ac.id/23081/

Putra, R. S. (2013). PENGARUH PEMAHAMAN MATERI TINDAKAN EKONOMI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP SIKAP BERHEMAT SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 RUMBIO JAYA KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/8393/

Risnawati, N. (2020). Analisis Hukum Ekonomi Islam tentang Sistem Barter di Pasar Terapung Lok Baintan Banjar [Undergraduate, IAIN Parepare]. http://repository.iainpare.ac.id/1675/

Robiah, S. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 143–154. https://doi.org/10.12345/lentera.v13i1.523

Sari, D. N. I., Sobatnu, F., & Batara, Y. D. (2020). ANALISIS GEOSPASIAL PRODUKSI BERAS TERHADAP KEBUTUHAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN BANJAR PROPINSI KALIMANTAN SELATAN. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 6(1), 11–17. https://doi.org/10.31961/positif.v6i1.755

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137–166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitia. PT remaja rosdakarya.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS: Konsep dan Aplikasi (B. Subiyakto & E. W. Abbas, Eds.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8545/

Towaf, S. M. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATAPELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/jip.v20i1.4380

Utomo, E. P. (2018). Pengembangan LKPD berbasis komik untuk meningkatkan literasi ekonomi peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1, 1–10.

Widyastuti, E., Sugiarto, Y., & Wijayanti, S. D. (2016). INOVASI PENGEMBANGAN PRODUK IKAN ASIN ORGANIK DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN ISTRI NELAYAN DESA TAMBAKREJO, SENDANGBIRU. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.33366/jisip.v5i3.270

Wismawati, I. G. A. M., Marhaeni, M. P. A. A. I. N., & Lasmawan, M. P. P. I. W. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VI SD No.6 Tuban Kecamatan Kuta Kabupaten Badung [Journal:eArticle, Ganesha University of Education]. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha (Vol. 4, Issue 1, p. 124136). https://www.neliti.com/publications/124136/




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License