Exploration of Learning Resources in Social Studies

Putri Hana Pebriana, Ekka Norliana, Bambang Subiyakto, Muhammad Rezky Noor Handy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksplorasi sumber belajar dalam pembelajaran IPS. Perihal ini dimaksudkan agar memberikan uraian terkait peran guru dalam mengembangan sumber belajar IPS berdasarkan contoh yang kontekstual. Desain penelitian studi literatur digunakan pada penelitian ini. Strategi pencarian literatur jurnal ataupun buku melalui pencarian di internet maupun di perpustakaan. Penelitian studi literatur pada mensintesis data yang sudah dikumpulkan dituliskan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian mendeskripsikan pembelajaran IPS di SMP/MTs disajikan sebagai mata pelajaran yang terpadu. Pemanfaatan sumber belajar IPS pada pembelajaran IPS di SMP/MTs berupa: a) Lingkungan, sumber belajar berupa lingkungan baik alam atau sosial; b) Sumber belajar berupa benda yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran IPS yaitu globe, peta, miniatur candi, arca dan mesjid; c) Sumber belajar berupa orang atau narasumber yang dijadikan sebagai bagian dari sumber belajar pada pelajaran IPS seperti guru, presiden; d) Pemanfaatan sumber belajar berupa buku atau sumber cetak yang sudah dimanfaatkan yaitu buku guru dan siswa mata pelajaran IPS Terpadu SMP/MTs; e) Pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar peristiwa dan fakta aktual dalam pembelajaran IPS, misalnya guru mengaitkan peristiwa alam dengan pembelajaran IPS di kelas seperti peristiwa bencana alam; f) Selain menggunakan peristiwa dalam pembelajaran, guru juga menugasi peserta didik untuk menonton televisi dan membaca koran baik cetak maupun online dalam mencari informasi yang aktual di pembelajaran IPS.

Keywords


Sumber Belajar; Pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Abbas, E. W. (2014). Pendidikan Karakter. Niaga Sarana Mandiri.

Abbas, E. W. (2021). Banjir Banua: Menulis Keempatian Banjir Kalimantan Selatan 2021. Program Studi Pendidikan IPS, FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Al Muchtar, S. (2015). Epistemologi Pendidikan IPS. Wahana Jaya Abadi.

Anis, M. Z. A., Putro, H. P. N., Arisanty, D., & Rajiani, I. (2020). Historical Thinking Learning Model in the Era of Society 4.0: New Jersey in an Old Jacket. 34th IBIMA Conference: 13-14 November 2019, Madrid, Spain.

Anisah, A. (2017). Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 1-18.

Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. ITTIHAD, 2(2).

Handy, M. R. N. (2015). Pendidikan Sejarah dan Isu Kebangsaan. Prosiding APPSI (Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah Indonesia) “Pendidikan Sejarah untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050”, Banjarmasin: 27-28 November 2015. Hal. 351-359.

Handy, M. R. N. (2016). Membangun Sikap Integrasi Bangsa Melalui Sejarah Nasional. Seminar Internasional Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Kebangsaan. Banjarmasin: 8 Oktober 2016. Hal. 399-406.

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49-54.

Handy, M. R. N., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Putro, H. P. N. (2021). Adaptation of Riverbanks Community to Urban Green Open Space Development. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 127-134.

Hasanah, M., Putra, M. A. H., & Yuliani, R. (2021). IMPROVEMENT OF ECOLOGICAL INTELLIGENCE THROUGH EDUCATIONAL COMICS AS A OF LEARNING RESOURCES. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Vol. 6, No. 2).

Ilmiyannor, M., & Mi’rajiatinnor, D. (2021, February). Strengthening Environmental Care Attitudes Through Social Wisdom-Based Social Studies Learning. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 65-69). Atlantis Press.

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103-109.

Kurnia, L. (2016). OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 12 SEMARANG DALAM PEMBELAJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110-120.

Mulianingsih, F. (2017). Fenomena Rob Semarang Sebagai Sumber Belajar IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 2(1), 59-64.

Mutiani, M. (2016). Pemanfaatan Puisi Sebagai Sumber Belajar Ips Untuk Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik Di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 199-208.

Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 704-709.

Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135-142.

Nababan, Z. A. H., Arisanty, D., & Mattiro, S. (2021, February). Human, Space, and Environment: Literature Review Through Exploring the Theme in Social Studies. In The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (pp. 163-166). Atlantis Press.

Nachrawie, M. (2017). Sumber belajar lingkungan dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Kusan hulu Kabupaten Tanah bumbu. Jurnal Socius, 6(02).

Nisa, A. N. S. (2016). Analisis Kesiapan Guru IPS di SMP Se-Kecamatan Bawang Banjarnegara dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 1(1), 60-67.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.

Purnomo, A., Muntholib, A., & Amin, S. (2016). Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(1), 13-26.

Putra, E. S. I. (2019). MODEL PENDEKATAN REFLECTIVE INQUIRY BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN IPS. Edukasi, 7(2), 43-56.

Putra, M. A. H. (2019). Building character education through the civilization nations children. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 12-17.

Putra, M. A. H., Mutiani, M., Jumriani, J., Ramadhan, S., & Rahmatina, R. (2020). Utilization Learning Management System (LMS) of Ruang Guru for Education Teachers in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 31-38.

Rulianto, R. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127-134.

Rusli, R., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2021). Aktivitas Sosial Masyarakat Kampung Pelangi Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 1-8.

Samiah, S., Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2021). The Contribution of Historical Science in Social Studies Teaching Materials in The Junior High School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 159-168.

Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Social Studies Based Learning Technology, Information, and Communication in SMP-SMIP 1946 Banjarmasin. The innovation of social studies journal, 1(1), 40-45.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99-103.

Satrianawati, S. (2018). Media dan Sumber Belajar. Deepublish.

Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Program Pascasarjana dan FPIPS UPI.

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 17(1), 137. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Bumi Aksara.

Suprayogi, S., & Handoyo, E. (2011). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Widya Karya.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya).

Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65-78.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Holistica.

Suyanto, S. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Erlangga.

Syaharuddin, S., Arbainah, A., & Mutiani, M. (2020). Utilization of Wasaka Museum as a Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(2), 121-129.

Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Jumriani, J., Faisal, M., & Maulana, I. (2020). The Values of Gotong Royong on BPK (Fire Brigade) Social Activities in Banjarmasin. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(1), 62-68.

Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Building Students' Learning Experience in Online Learning During Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 979-987.

Ummyssalam, U. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran. Bumi Aksara.

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran mata pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1), 29-36.




DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:

     



Managed by:

SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia


Journal License:


Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License