Education of Social Regulation Through Social Institution Materials in Social Studies
Abstract
Masyarakat memiliki unsur-unsur yang saling berkaitan satu sama lain. Unsur-unsur tersebut bekerja sama untuk membangun tatanan sosial yang stabil dan harmonis. Namun, jika hanya satu elemen yang tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan kekacauan sosial. Pada akhirnya, gangguan ini menciptakan suatu bentuk masalah sosial. Kondisi tersebut masih dirasakan hingga saat ini yang ditandai dengan adanya permasalahan sosial yang dapat mengganggu kerukunan masyarakat. Menyikapi hal tersebut, sekolah dengan segala mata pelajaran di dalamnya dapat mendidik pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mendukung terciptanya tatanan sosial. Hal ini juga dapat direspon melalui sub materi pranata sosial dalam mata pelajaran IPS. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi materi pranata sosial dalam mata pelajaran IPS sebagai materi untuk mendidik tatanan sosial bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan. Pertama, studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi yang sesuai; kemudian dilakukan diskusi naratif. Hasil identifikasi dan deskripsi bahwa muatan materi pranata sosial dalam mata pelajaran IPS meliputi materi tentang pengertian, ciri, fungsi, dan jenis pranata sosial. Materi ini dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan untuk memahami pentingnya tatanan sosial sebagai pranata sosial yang erat kaitannya dengan pedoman sikap dan perilaku dalam menghadapi permasalahan yang muncul atau berkembang di masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, E. W., Jumriani, J., Handy, M. R. N., Syaharuddin, S., & Izmi, N. (2021). Actualization of Religious Values through Religious Tourism on the River As a Source of Social Studies Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1663–1669. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1013
Abbas, E. W., Jumriani, & Mutiani. (2021). Banua Anyar Culinary Tourism Area: Study Of Economic Activities As A Learning Resource on Social Studies. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012019
Indriyani, I. E., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2021). Social Interaction Contents on Social Studies Learning to Improve Social Skills. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 93–102.
Jumriani, Ilmiyannor, M., & Mi’rajiatinnor, D. (2021). Strengthening Environmental Care Attitudes Through Social Wisdom-Based Social Studies Learning. 65–69. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210222.009
Jumriani, J., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Izmi, N. (2021). Program Baca Tulis Al-Qur’an; Sebuah Habituasi Pendidikan Karakter Pada Anak Di Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(2).
Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103–109.
Jumriani, J., Rahayu, R., Abbas, E. W., Mutiani, M., Handy, M. R. N., & Subiyakto, B. (2021). Kontribusi Mata Pelajaran IPS untuk Penguatan Sikap Sosial pada Anak Tunagrahita. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4651–4658. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1536
Jumriani, J., Syaharuddin, S., Hadi, N. T. F. W., Mutiani, M., & Abbas, E. W. (2021). Telaah Literatur ; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(4), 2027–2035. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111
Lasdya, D., Masyithah, S., Syaharuddin, S., & Jumriani, J. (2021). The Modernization and Globalization Teaching Materials for Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.20527/iis.v3i1.3779
Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110–120.
Maryati, S. (2020). Inovasi Kurikulum Berdasarkan Komponen Kurikulum Strategi dan Evaluasi. AL-KARIM, 5(2), 51–66.
Mutiani, M., Sapriya, S., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 704–709. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.397
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135–142.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudra Biru. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/491/
Numan, S. M. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nuryadi, N., & Setiana, D. S. (2020). Kajian Kurikulum Sekolahdasar dan Menengah. GRAMASURYA. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/8920/
Rahayu, R., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Social Studies Lesson Planning for Children with Intellectual Disabilities in the Pembina State Special School of South Kalimantan Province. The Kalimantan Social Studies Journal, 2(2), 160–169. https://doi.org/10.20527/kss.v2i2.3242
Rusmaniah, R., Mardiani, F., Handy, M. R. N., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2021). Social Services Based on Institutional for Youth Discontinued School. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3082
Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS. PT. Remaja Rosdakarya.
Sapriya, S., & Nurdin, S. (2006). Konsep dasar IPS.
Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Garudhawaca.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Somantri, M. N., Mulyana, R., & Supriadi, D. (2001). Menggagas pembaharuan pendidikan IPS : memandai 70 tahun usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M.SC. Guru Besar Senior PPS dan FPIPS UPI. PT. Remaja Rosdakarya.
Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Tradisi Bahaul dalam Masyarakat Banjar di Desa Andhika Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Vidya Karya, 31(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993
Sukmadinata, N. S. (2010). Pengembangan kurikulum teori dan prakteknya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Building Students’ Learning Experience in Online Learning During Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 979–987. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.796
Wahyuni, S., Hasanah, M., & Jumriani, J. (2021). Community Social Activities in Murjani Field as A Learning Resource on Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(1), 71–81. https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.3717
DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v3i2.4892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
The Innovation of Social Studies Journal (ISSJ) has been indexed and abstracted by:
Managed by:
SOCIAL SCIENCE EDUCATION, LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY
Jl. Brigadier General H. Hasan Basry, ULM Banjarmasin Campus, Banjarmasin City, North Banjarmasin District, Postal Code 70123, South Kalimantan Province, Indonesia
Journal License:
Journal of The Innovation of Social Studies Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License