Development of Science-Islamic Integrated Disaster Geography Textbooks and Effect on Students’ Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlika, N. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pokok Mitigasi Bencana Alam untuk Siswa Kelas XI SMA N 1 Sragen (Tesis, UNS (Sebelas Maret University)). UNS (Sebelas Maret University), Surakarta. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/64665/Pengembangan-Bahan-Ajar-Geografi-Berbasis-Problem-Based-Learning-pada-Materi-Pokok-Mitigasi-Bencana-Alam-untuk-Siswa-Kelas-XI-SMA-N-1-Sragen
Amin, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Terintegrasi Sains-Islam di Madrasah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 934–945. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9676
Amin, S., & Wahyuningtyas, N. (2017). Pengembangan Buku KSM Bidang Geografi Tingkat Madrasah Aliyah. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(5), 28–39. https://doi.org/10.20527/jpg.v4i5.3961
Ariansyah, A. (2021). Potensi Ancaman Bencana. Retrieved October 13, 2021, from BNPB website: https://bnpb.go.id/potensi-ancaman-bencana
Arifudin, I. (2016). Integrasi sains dan agama serta implikasinya terhadap pendidikan Islam [Integration of science and religion and its implications for Islamic education]. Edukasia Islamika, 1(1), 161–179.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Arraiyyah, M. H. (2019). Model integrasi keilmuan di universitas Islam negeri [Scientific integration model at state Islamic university]. Retrieved September 7, 2020, from Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI website: http://www.balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/model-integrasi-keilmuan-di-universitas-islam-negeri
Asysyifa, D. S., Sopyan, A., & Masturi, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Sains Quran Pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), 44–54. https://doi.org/10.15294/upej.v6i1.13932
Bashith, A., & Amin, S. (2020). The Development of Madrasah Science Competition Book for Integrated Geography and Economics of Islamic Subjects. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485, 012055. Jember: IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012055
BSNP. (2013). Instrumen Tahap II Penilaian Buku Teks Pelajaran Geografi SMA/MA. Jakarta: Departemen Prndidikan Nasional.
Darwati. (2010). Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Di Sma Negeri Kabupaten Semarang) (Thesis, UNS (Sebelas Maret University)). UNS (Sebelas Maret University). Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/22858/Pemanfaatan-Buku-Teks-Oleh-Guru-Dalam-Pembelajaran-Sejarah-Studi-Kasus-Di-Sma-Negeri-Kabupaten-Semarang
Dick, W., & Carey, L. (2001). The Systematic Design of Intruction. Illinois: Scott Foresman and Company.
Fadilah, M. (2021). Pengembangan Buku Ajar Prekursor Alami Gempa Bumi untuk Meningkatkan Literasi dan Kesiapsiagaan Bencana Mahasiswa Pendidikan IPA (Doctoral, Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Retrieved from http://repository.upi.edu
Faizah, S. N. (2017). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains dengan Pendekatan Inkuiri di MI Salafiyah Kutukan Blora. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 114–123. https://doi.org/10.30736/atl.v1i1.80
Faizah, S. N., & Mubin, M. (2018). Pengaruh Modul Tematik Berbasis Integrasi Islam dan Sains pada Tema Energi dan Perubahannya terhadap Hasil Belajar Siswa MI Murni Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 72–76. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p72-76
Hanafi, I. (2017). Pengembangan Modul Geografi Berbasis Integrasi Sains-Agama pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang (Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/9244/
Hartato, S., Pratomo, A. H., & Prasetya, J. D. (2021). Implementasi Sistem Informasi Kebencanaan Dalam Pembangunan wilayah berbasis Kota Cerdas (Smart city) Di Kabupaten Gunungkidul. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1623–1630. Bandung: IRWNS.
Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 55–66. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15539
Jurusan Pendidikan IPS. (2020). Pedoman Akademik: Kurikulum Pendidikan IPS, FITK, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurusan Pendidikan IPS.
Karimah, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bencana Banjir Buku Panduan Pembelajaran Kebencanaan pada Ekstrakulikuler Sekolah Siaga Bencana di SMP Negeri 4 Klaten (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2019). Efektivitas Penggunaan Modul Tematik Berbasis Integrasi Islam dan Sains terhadap Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional LP3M, 1, 261–264. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Retrieved from http://proceeding.semnaslp3m.unesa.ac.id/index.php/Artikel/article/view/58
Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1150
Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484–498. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560
Ningrum, M. V. R., & Saputra, Y. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana. geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i2.374
Nuzulia, N. (2014). Pengembangan Buku Ajar Tematik Dengan Pendekatan Integrasi Sains Dan Agama Di Kelas 4 Sekolah Dasar Islam Raudlatul Jannah Sidoarjo. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 12. https://doi.org/10.18860/jt.v7i1.3307
Orstein, A. C. (1990). Strategies for Effective Teaching. New York: Harper Collins Publisher.
Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203
Permadi, B. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MIN 2 Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 294–311. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i2.62
Pratama, H. (2020). Pengembangan Paket Bahan Ajar Kebencanaan. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 16–20. Retrieved from https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/583
Purnamasari, N. (2014). Pengembangan Materi Kebencanaan pada Bahan Ajar SMP Kelas VII Mata Pelajaran IPS pada Konsep Keruangan dan Konektifitas (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Purwanto, E. (1996). Validasi Bahan Ajar IPS-Geografi SD Berdasarkan Kurikulum 1994 di Jawa Timur. Malang: Lemlit IKIP MALANG.
Rahma, A. (2018). Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Melalui Pendidikan Formal. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6537
Salsabila, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Mitigasi Bencana untuk Kelas V Semester 2 Sekolah Dasar (Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan). Fakultas Ilmu Pendidikan, Yogyakarta. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/69634/
Silviya, R. M. M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Integrasi Islam-Sains Tema 3 Subtema 3 (Ayo Cintai Lingkungan) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Bunulrejo 2 Malang (Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/3686/
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhardiman, Hafid, E., & Widyawati. (2021). Pengembangan Buletin Mitigasi Gempa Bumi Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an di SMAN 1 Polewali. AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA, 1(1), 102–112. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20964
Sumarmi̇, Bachri̇, S., Irawan, L. Y., Putra, D. B. P., Ri̇snani̇, & Ali̇man, M. (2020). The Effect of Experiential Learning Models on High School Students Learning Scores and Disaster Countermeasures Education Abilities. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 61–85. https://doi.org/10.17478/jegys.635632
Suprianingsih, N., Yenti, E., & Kurniawati, Y. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komik Terintegrasi Islam pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.24014/jcei.v1i1.15901
Susilowati. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (2019). Education Guidelines 2019 Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wastyanti, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Sains dengan Agama Berbasis Multimedia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2 (Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/6091/
Widyaningsih, R. (2013). Pengembangan Hand-Out Geografi Berbasis Penanggulangan Bencana melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trawas. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1–7.
Yudistira, S., & Suastika, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Kebencanaan untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa SMP terhadap Bencana. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 127–135.
Yuliawati, F., M. A. Rokhimawan, & Suprihatiningrum, J. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 169–177. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2719
Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi keilmuan sains dan Islam dalam proses pembelajaran rumpun IPA [Integration of science and Islam in the learning process of the IPA Clump]. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9, 703–708. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/3198
Zainiyati, H. S. (2015). Landasan fondasional integrasi keilmuan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya [The foundational of scientific integration at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang and UIN Sunan Ampel Surabaya]. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 248–276. http://islamica.uinsby.ac.id/index.php/islamica/article/view/262
Zainuddin, M. (2013). Menuju integrasi ilmu dan agama [Towards the integration of science and religion]. Retrieved September 5, 2020, from Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang website: https://www.uin-malang.ac.id/blog/post/read/131101/menuju-integrasi-ilmu-dan-agama.html
DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v4i1.8587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JGP (Jurnal Geografika: Geografi Lingkungan Lahan Basah) di Indeks Oleh :