Penerapan Model Children Learning in Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Trias Septiyani, Sri Hartini, Abdul Salam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Jenis penelitian ini adalah PTK terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, lembar pengamatan aktivitas siswa,  dan tes hasil belajar. Temuan membuktikan : (1) keterlaksanaan RPP siklus I sebesar 67,16% yang berkategori baik dan siklus II sebesar 70,56% yang berkategori baik,(2) aktivitas siswa pada siklus I berkategori cukup aktif dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi berkategori aktif, (3)  hasil belajar siswa siklus I sebesar 55,00% (tidak tuntas) dan pada siklus II sebesar 75,00% (tuntas). Berdasarkan hasil temuan, model CLIS mampu meningkatkan hasil belajar serta aktivitas siswa.


Keywords


Children Learning In Science (CLIS), hasil belajar, aktivitas siswa

Full Text:

PDF

References


Anwar, M., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Clis (Children Learning In Science) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 154-159.

Asih, A., Fihrin, F., & Kendek, Y.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi SMA Negeri 8 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 2(3).

Dinata, P. A. C., & Jamal, M. A. (2016). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) Pada Siswa Kelas Ix A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 161-172.

Laili, Y. N., Mahardika, I. K., & Ghani, A. A. (2015). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 171-175.

Marlina, M., Zainuddin, Z., & An'nur, S. (2013). Keefektifan Model Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 237-244.

Mufidah, L., Dzulkifli, E., & Titi, T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117-125.

Sari, N., Annur, S., Mahardika, A. I . (2017). Pengembangan LKS Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Clis (Children Learning In Science) Di SMP 1 Muhammadiyah Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 25-33.

Ratumanan, T.G Dan Laurens. (2003). Evaluasi Hasil Belajar Mengajar Yang Relevan Dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. University Press, Unesa Surabaya.

Sadirman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sutikno. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Holistica

Setiawati, M., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 12-20.

Vingki, L., An'nur, S., & Salam, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Menggunakan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 73-81.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats