MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin dikarenakan siswa yang memiliki pemahaman konsep yang rendah maka akan ada kemungkinan siswa memberi pengertian sendiri mengenai konsep tersebut. Hal inilah yang menimbulkan miskonsepsi pada siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan secara umum meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada materi ajar cahaya melalui penerapan model Pembelajaran generatif. Adapun tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) hasil belajar siswa, dan (3) tingkat miskonsepsi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: (1) Keterlaksanaan RPP secara keseluruhan meningkat dari 87,15% menjadi 93,42% , (2) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 61,11% menjadi 83,33%, (3) Tingkat miskonsepsi siswa siswa pada siklus I terdapat pengurangan sebesar 3,32% dan pada siklus II pengurangan sebesar 5,55%. Diperoleh kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada mata pelajaran fisika cahaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, W., Zainuddin, Z., & Wati, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Generatif Learning (gl) Pada Materi Ajar Wujud Zat dan Perubahannya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 111-121.
Firmansyah, J., & Wulandari, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Gerak Melingkar. Serambi Akademica,4(1), 18-27.
Gumilar, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Konsep Gaya Menggunakan Certainty of Respon Index (CRI). Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, sekolah tinggi sebelas april, 2(1), 59-71.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasim, W., dan Nasrul ihsan. (2011). Identifikasi miskonsepsi materi usaha, gaya dan energy dengan menggunakan CRI (Certainty of response index) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Malangke barat. JPSF , 4(1), 25-37.
Moma, L. (2012). Menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran Generatif siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Hlm: 506-514. ISBN: 978-979-16353-8-7.
Mursali, S. (2015). Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal pendidikan Biologi Indonesia , 307-314.
Mustaqim, T. A., Zulfiani, & Herlanti, Y. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) pad Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. EDUSAINS , 146-152.
Nurkhayani, S., Zainuddin, Z., & An'nur, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Penerapan Pembelajaran Generatif. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 137-150.
Primayoga, G., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2016). Implementasi Model Generative Learning untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika Pada Materi Ajar Dinamika Partikel. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 271-277.
Sadia, I. (2014). Model-model pembelajaran sains kontruktivistik. Jogyakarta: Graha ilmu.
Sani, R, A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
Suyidno, dan Jamal, M. A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: P3AI UNLAM.
Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Mengunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan .
Wiyanda, A. L, Carina. (2014). Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA-FISIKA di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. Diakses melaluihttp://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63916/Carina%20Astrie.pdf?sequence=1, pada tanggal 20 Januari 2017.
Zuhri, M. S., & Jatmiko, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Menggunakan PhET Simulation Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Materi Fluida Statis di SMAN Kesamben Jombang. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3), 103-107.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |