MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSEDURAL DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALULI PENGAJARAN LANGSUNG BERBANTUAN MEDIA ANIMASI

Aesa Kanaby, Zainuddin Zainuddin, Abdul Salam

Abstract


Rendahnya keterampilan prosedural siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang mendasari penelitian. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan prosedural siswa melalui model pengajaran langsung berbantuan media animasi pada materi cahaya. Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) keterampilan prosedural, (3) hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Perangkat dan istrumen yang digunakan dalam penelitian  adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar, lembar kerja siswa, tes hasil belajar, lembar observasi keterampilan guru dan lembar keterampilan prosedural siswa. Hasil penelitian menunjukan (1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I sebesar 79,75% berkategori baik dan siklus II sebesar 94,00% berkategori sangat baik; (2) keterampilan prosedural siswa siklus I sebesar 3,35 berkategori sangat baik dan siklus II sebesar 3,64 berkategori sangat baik; (3) hasil belajar siswa secara klasikal siklus I sebesar 24% berkategori tidak tuntas dan siklus II sebesar 84% berkategori tuntas. Diperoleh simpulan bahwa keterampilan prosedural siswa kelas VIII A SMP Negeri 27 Banjarmasin pada materi cahaya meningkat setelah diterapkan model pengajaran langsung berbantuan media animasi.


Keywords


Pengajaran langsung, media animasi, dan keterampilan prosedural

Full Text:

PDF

References


Anggraini, A. N., Zainuddin, & Miriam., S. (2017). Meningkatkankan Keterampiilan Prosedural Siswa Melalui Model Pengajaran Lansung Pada Materi Ajar Cahaya Dan Alat Alat Optik Kelas VIII F SMP Negeri 26 Banjarmasin, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 1(3): 154-168.

Arends, R. I. 2013. Belaajar Untuk Mengajar (Learning to teach). Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, S., Suharjono., & Supriadi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Peneliitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bektiarso, S., Sari, A. T, & Yushardi. (2012). Peenerapan Model Pembelajaran Generatiif Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnall Pembelajaran Fisika. 1 (2): 145.

Dahar, R. W. (2011). Teori Teori Belajar & pembelajaran. Jakarta: Elangga.

Egged, P & Kauchak, D. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran Mengajaar Konten Dan keterampilan Berfiikir Edisi Keenam. Jakarta: PT indeks.

Fathurrohman, M. 2016. Model-Model Pembellajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghanandhi, T,W. 2016. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzmedia.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jayanti, I. D. (2014). Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Di SLB ABC Putra Harapan Blitar. Skipsi. Universitas Negeri Surabaya.

Kamsinah, D. L., Arifuddin, M., & Misbah. (2016). Meniingkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Prosedural Sisswa Melalui Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 4 (2): 176-185.

Lingga, N. L. (2015). Pengeruh Pemberian Media Animasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang. Skripsi. Universitas Esa Unggul.

Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Meisaroh & Rostriningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Actiive Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi. Jurnall Ekonomi & Pendidikan. 8 (2): 157-172.

Nugroho, A. P., Raharjo, T. & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangann Mediia Pembelajaran Fisika Menggunakan permaiinan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1): 11-18.

Ratumanan, T. G & Laurens, T. 2003. Evaluasi Hasiil Belajar Yang Relevan Dengan Kurikullum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Sani, R. A. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanah, E. (2013). Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Trigonometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Phenomenon. 3 (2): 5-17.

Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiyas, K & Sukoco, (2013). Pengaruh Mediaa Animasi Terhadap Hasiil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 (1):126-137.

Wahyuni, A. K & Abdinsyah. (2015). Meningkkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pebelajaran Kooperatiif Tipe Word square. Jurnal Pendidikan Hayati. 1 (1): 16-22.

Widayanti, L & widodo. (2013). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Base Learning Pada Siswa MTsN Donomulyo Kulon Progo. Jurnal fisika indonesia. 49 (17): 32-35.

Wicaksono, D., Arifuddin, M., & Misbah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Prosedural Siswa Kelas VII E SMP Negeri 31 Banjarmasin Melalui Model pengajaran Langsung Pada Pelajaran IPA Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 1 (1): 64-73.

Widoyoko, E. P. 2014. Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats