MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHARTA

Sofia Rihamy, Zainuddin Zainuddin, Mastuang Mastuang

Abstract


Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dan keterampilan prosedural kelas VIII F SMP Negeri 9 Banjarmasin membuat siswa kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPA bidang Fisika dan berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 9 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan desain model Spiral oleh Hopkins yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan tes dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui sintaks pengajaran langsung dengan menggunakan media pembelajaran Charta. Hal ini didukung dengan temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) Keterlaksanaan RPP yang diukur melalui lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, secara keseluruhan dari 80,83% menjadi 93,03%, (2) Hasil belajar siswa yang diukur melalui tes hasil belajar, secara klasikal dari 50,00% meningkat menjadi 91,17%. (3) Keterampilan prosedural siswa yang juga diukur melalui tes hasil belajar, dengan kriteria minimal terampil dalam menggambar meningkat dari 97,05% menjadi 100,00%; menuliskan variabel pada siklus I dan siklus II adalah sama 100,00%; menentukan rumus meningkat dari 64,70% menjadi 100,00%; menyelesaikan soal meningkat dari 47,05% menjadi 97,05%; dan memeriksa hasil yang diperoleh meningkat dari 55,88% menjadi 100,00%.

Keywords


Keterampilan prosedural, media pembelajaran Charta, pengajaran langsung

References


Afiyati, N. (2010). Penerapan Media Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Pencernaan Makanan pada Manusia Kelas V Semester I MI Miftahul Huda Tegalsambi Tahunan Jepara. Tidak Dipublikasikan.

Amrita, P. D., Jamal, M. A., & Misbah, M. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Model Pengajaran Langsung pada Pembelajaran Fisika di Kelas X MS 4 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248-261.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dahar, R. W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran : Mengajarkan Konten Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Jakarta: Permata Puri Media.

Hadijah, S., Jamal, M. A., & Salam, A. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA 3 MAN 3 Banjarmasin Melalui Pengajaran Langsung Berbantuan Media Virtual. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 152-160.

Herman, H., Wati, M., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Pengajaran Langsung dengan Metode Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 141-150.

Kamsinah, D. L., Jamal, M. A., & Misbah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Prosedural Siswa melalui Model Pengajaran Langsung pada Pembelajaran Fisika di Kelas X 3 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 137-143.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mityasari, D. Y. (2013). Penggunaan Media Bagan Garis Waktu (Time Line Chart) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Muslich, M. (2014). Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nisa, F. C., Wati, M., & Hartini, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Playing Cards dan Handout dalam Model Pembelajaran Make A Match untuk Melatih Keaktifan Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 37-43.

Nisa, R., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2016). Penerapan Tipe Learning Cycle mlalui Model Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 123-132.

Norhasanah, N., Jamal, M. A., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 12 Banjarmasin melalui Penerapan Model Pengajaran Langsung pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 151-158.

Nurwiyati, F. E., & Jatmiko, B. (2013). Pembelajaran IPA-Fisika Materi Cahaya dengan Gabungan Model Pembelajaran Kooperatif dan Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 45-48.

Ratumanan, T. G. & Laurens, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Suailiah. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Media Bagan Kelas IV. Tidak Dipublikasikan.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Uliyanti, E. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Media Bagan Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(6).




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats