PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA MATERI CAHAYA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran terutama pada materi cahaya, sehingga dilakukan penelitian pengembangan alat peraga cahaya yang mampu melatihkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan dari penelitian ini adalalah mendeskripsikan kelayakan alat peraga cahaya untuk melatihkan keterampilan proses sains yang meliputi; (1) validitas alat peraga dilihat dari penilaian validator (2) kepraktisan alat peraga dilihat dari respon siswa (3) efektivitas alat peraga yang dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan (4) pencapaian keterampilan proses sains dilihat dari penilaian pengamat. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon, tes hasil belajar dan lembar pengamatan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan (1) validasi alat peraga termasuk dalam kategori valid (2) kepraktisan alat peraga berdasarkan repon siswa adalah sangat baik (3) efektivitas alat peraga berkategori tinggi (4) pencapaian keterampilan proses sains siswa termasuk kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga cahaya yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akker, J. V., Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational Design Research. Netherland: Netherland Institute.
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Dewi, I. N., dan Prabowo. (2014). Pengembangan Alat Peraga Bandul Matematis Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Di Kelas XI SMAN 3 Tuban. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika vol 3 (2), 189-194
Faturrohman, P. dan Sutikno, S. (2011). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Indiana University.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hartati, B. (2010). Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 128-132
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta: media akademi.
Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. (2017). Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Iquiry Discovery Learning (IDL terbimbing). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 351-367
Mahfuziannor, M., Suyidno, S., & An'nur, S. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dan Media Penunjang Materi Ajar Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 78-88.
Maradona. (2013) Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Samarinda Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen. Prosiding Seminar Nasional Kimia, Kalimantan Timur. Hlm: 62-70
Ratumanan, T. G dan Theresia L. (2003) Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.
Sartika, S. B. (2015) Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Soal Ipa Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sidoarjo. , 28-33
Shiha, S. N. (2014). Pengembangan Alat Peraga Percepatan Benda Untuk Menunjang Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 180-184
Susanti, W. E. dan Prabowo. (2015). Pengembangan Alat Peraga Uji Indeks Bias Zat Cair sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Sub Materi Pemantulan dan Pembiasan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 4 (2), 102-106
Wardoyo, G.A., An’nur, S., dan Salam, A. (2017). Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Audio Visual Pada Pokok Bahasan Tekanan Di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1(1), 86-94
Wicaksoni, H. T., Kurniawan, E. S., & Maftukhin, A. (2014). Pengembangan Alat Peraga Resonator sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII SMA. Radiasi, 3, 142-144
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wisudawati, A. W., dan Sulistyawati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |