MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF BERBASIS LESSON STUDY DI SMPN 31 BANJARMASIN

Erma Suryani, Muhammad Arifuddin, Sarah Miriam

Abstract


Kurangnya variasi strategi pembelajaran diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 31 Banjarmasin. Model kooperatif berbasis lesson study dapat memperkaya siswa dengan pengalaman belajar kolaboratif yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan RPP dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis lesson study, (2) mengetahui keterampilan sosial siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis lesson study, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif berbasis lesson study. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data meliputi analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh dari tes dan observasi. Hasil temuan penelitian dapat dirincikan sebagai berikut: (1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1  sebesar 67,9%,  pertemuan 2 sebesar 76,8%, pertemuan 3 sebesar 81,0% dan pertemuan 4 meningkat menjadi 88,5%. (2) Pembelajaran dengan model kooperatif dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, terlihat dari pertemuan 1  sebesar 54,6%,  pertemuan 2 sebesar 60,3%, pertemuan 3 sebesar 65,0% dan pertemuan 4 meningkat  menjadi 70,3% (3) Ketuntasan hasil belajar secara klasikal dari siklus I 87,5% lalu meningkat pada siklus II menjadi 93,8%. Berdasarkan temuan tersebut, diperoleh simpulan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 31 Banjarmasin meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis lesson study.

Keywords


Hasil belajar, kooperatif, lesson study

Full Text:

PDF

References


Anggis, E. V. (2016). Penerapan Model Kooperatif JIGSAW Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 13, No. 1, pp. 493-497).

Asri, I. A. S. (2014). Pembelajaran Kooperatif Pola Tematik Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan pengajaran, 47(2-3).

Gusmawati, Zainuddin, & Wati, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 91-100.

Handayani, R. D., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. (2015). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 27-31.

Hendayana, S. dkk. (2007). Lesson Study. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA.

Irham, M., & Wiyana N.A. (2014). Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikai dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kunandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Nurhasanah, F. (2012). Membangun Keaktifan Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan dan Pengembangan Program Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Konstrutivisme dalam Kegiatan Lesson Study. Infinity Journal, 1(1), 62-78.

Puteri, R. A., Jamal, M. A., & Wati, M. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TPS pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 127-136.

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa university press.

Ridanti, T. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX-5 SMP N 2 Babalan dengan Metode Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) Terpadu. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 211-218.

Rintayati, P. (2015). Lesson Study Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Inquiry Training Materi Konsep Asam-Basa pada Mahasiswa Pgsd Fkip Uns, 2, 59–72.

Rosilowati. (2014). Pengembangan Instrumen Penelitian. Semarang: Unnes Press.

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sujuni, A., Arifuddin, M., & Suyidno. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 31-42.

Suprijono, A. (2013). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Vingki, L., Annur, S., & Salam, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 73-81.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats