MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF BERBASIS LESSON STUDY DI SMPN 31 BANJARMASIN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggis, E. V. (2016). Penerapan Model Kooperatif JIGSAW Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 13, No. 1, pp. 493-497).
Asri, I. A. S. (2014). Pembelajaran Kooperatif Pola Tematik Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan pengajaran, 47(2-3).
Gusmawati, Zainuddin, & Wati, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 91-100.
Handayani, R. D., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. (2015). Penerapan Lesson Study untuk Meningkatan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 27-31.
Hendayana, S. dkk. (2007). Lesson Study. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA.
Irham, M., & Wiyana N.A. (2014). Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikai dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kunandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Nurhasanah, F. (2012). Membangun Keaktifan Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan dan Pengembangan Program Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Konstrutivisme dalam Kegiatan Lesson Study. Infinity Journal, 1(1), 62-78.
Puteri, R. A., Jamal, M. A., & Wati, M. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TPS pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 127-136.
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa university press.
Ridanti, T. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX-5 SMP N 2 Babalan dengan Metode Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) Terpadu. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 211-218.
Rintayati, P. (2015). Lesson Study Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Inquiry Training Materi Konsep Asam-Basa pada Mahasiswa Pgsd Fkip Uns, 2, 59–72.
Rosilowati. (2014). Pengembangan Instrumen Penelitian. Semarang: Unnes Press.
Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sujuni, A., Arifuddin, M., & Suyidno. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 31-42.
Suprijono, A. (2013). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Vingki, L., Annur, S., & Salam, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 73-81.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i1.1013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |