MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING

Bera Tri Handayani, Muhammad Arifuddin, Misbah Misbah

Abstract


Rendahnya keterampilan proses sains siswa dikarenakan siswa kurang didorong untuk mengembangkan keterampilan proses menyebabkan perlunya dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui model guided discovery learning pada materi fluida statis. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP, (2) keterampilan proses sains, (3) aktivitas siswa, dan (4) hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: plan, action/observation, dan reflective. Perangkat dan instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKS, THB, materi ajar, rubrik penilaian keterampilan proses sains, dan lembar observasi keterampilan guru serta aktivitas siswa. Data diperoleh dari hasil tes, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian yaitu: (1) keterlaksanaan RPP yaitu 83% pada siklus I menjadi 90% dengan kategori sangat baik pada siklus II; (2) keterampilan proses sains siswa, yaitu 61% pada proses pembelajaran dan 69% pada akhir siklus I dengan kategori baik menjadi 83% dan 93% pada siklus II dengan kategori sangat baik; (3) Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 69% dengan kategori aktif pada siklus I menjadi 86,8% dengan kategori sangat aktif pada siklus II; (4) hasil belajar siswa, yaitu 86% (tuntas) pada siklus I menjadi 97% (tuntas) pada siklus II. Diperoleh simpulan bahwa keterampilan proses sains siswa meningkat setelah diterapkan model guided discovery learning.

Keywords


Guided discovery learning, keterampilan proses sains, fluida statis, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Annisa, Y. N., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Cahaya Dengan Model Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 75-88.

Avianti, R & Bertha Y. (2015). Keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran kooperatif materi asam basa kelas XI SMAN 8 Surabaya. Jurnal of Chemical Education. 04: 224-231

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Hariani, N., Zainuddin, Z., & Hartini, S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Kelas VII B SMP Negeri 27 Banjarmasin Pada Materi Pokok Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 329-341.

Haryani, A. T. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pokok Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A MTs Darul Ulum Beringin Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Sarjana. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang. Tidak Dipublikasikan

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia, Bogor

Ilmi, A. N. A, Meti I, & Riezky M. P. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. 04: 44-52

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan. 1: 21-32

Maradona. (2013). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Samarinda Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen. Prosiding Seminar Nasional Kimia, Kalimantan Timur. Hlm: 62-70

Mariani, M. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Berbasis LKPD Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas XII1 Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 18-24.

Martini, S., Supardi, Z. I., & Agustini, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Penemuan Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 1(2), 74-79.

Masita, M, Edwin M, & Muhammad S. (2012). Peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. 01: 21-24

Nur, M. (2011). Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya

Pratiwi, D. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode

Guided Discovery Pada Anak Kelompok B Tk Salafiyah Pleret

Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 1: 49-58

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Rahmi, K., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Suatu Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 1-15.

Sahara, L., & Sani, R. A. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di SMA Negeri 1 Limapuluh. Jurnal INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(2).

Sartika, S. B. (2015) Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Soal Ipa Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sidoarjo. Hlm: 28-33

Setiawan, H., Jamal, M. A., & Salam, A. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Juai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 27-32.

Setiawati, M., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 16-28.

Sudrajat, A., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X MA Muhammadiyah 2 Al Furqan Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 74-85.

Sultan, A. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. JURNAL PENDIDIKAN FISIKA, 1(3), 202-208.

Susanti, R. L & Suliyanah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kalor Di Kelas X SMAN 1 Nganjuk. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 05: 64-68




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v1i3.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats