MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, Y. N., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Cahaya Dengan Model Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 75-88.
Avianti, R & Bertha Y. (2015). Keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran kooperatif materi asam basa kelas XI SMAN 8 Surabaya. Jurnal of Chemical Education. 04: 224-231
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains-SD. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
Hariani, N., Zainuddin, Z., & Hartini, S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Kelas VII B SMP Negeri 27 Banjarmasin Pada Materi Pokok Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 329-341.
Haryani, A. T. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pokok Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A MTs Darul Ulum Beringin Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Sarjana. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang. Tidak Dipublikasikan
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia, Bogor
Ilmi, A. N. A, Meti I, & Riezky M. P. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. 04: 44-52
Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan. 1: 21-32
Maradona. (2013). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Samarinda Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen. Prosiding Seminar Nasional Kimia, Kalimantan Timur. Hlm: 62-70
Mariani, M. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Berbasis LKPD Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas XII1 Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 18-24.
Martini, S., Supardi, Z. I., & Agustini, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Penemuan Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 1(2), 74-79.
Masita, M, Edwin M, & Muhammad S. (2012). Peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. 01: 21-24
Nur, M. (2011). Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
Pratiwi, D. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode
Guided Discovery Pada Anak Kelompok B Tk Salafiyah Pleret
Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 1: 49-58
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Rahmi, K., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Suatu Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 1-15.
Sahara, L., & Sani, R. A. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di SMA Negeri 1 Limapuluh. Jurnal INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(2).
Sartika, S. B. (2015) Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Soal Ipa Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sidoarjo. Hlm: 28-33
Setiawan, H., Jamal, M. A., & Salam, A. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Juai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 27-32.
Setiawati, M., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 16-28.
Sudrajat, A., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X MA Muhammadiyah 2 Al Furqan Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 74-85.
Sultan, A. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. JURNAL PENDIDIKAN FISIKA, 1(3), 202-208.
Susanti, R. L & Suliyanah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kalor Di Kelas X SMAN 1 Nganjuk. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 05: 64-68
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v1i3.1016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |