Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains

Firdha Nur Fadhila, Muhammad Arifuddin, Sarah Miriam

Abstract


Bahan ajar fisika fluida dinamis melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini berdampak pada rendahnya Keterampilan Proses Sains dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan  menghasilkan dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar menggunakan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains. Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan: (1) validitas bahan ajar dikembangkan berdasarkan uji validasi (2) kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, (3) efektivitas bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar kognitif siswa dan (4) ketercapaian KPS dikembangkan berdasarkan lembar pengamatan KPS. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI IPA 2 SMA KORPRI Banjarmasin. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, lembar pengamatan keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar tes hasil belajar dan lembar pengamatan KPS. Teknik analisis data meliputi, validitas, reliabilitas dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas bahan ajar yang dikembangkan adalah valid, (2) kepraktisan bahan ajar adalah terlaksana sangat baik, (3) efektivitas bahan ajar adalah sedang dan (4) ketercapaian KPS adalah sangat baik. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar menggunakan model inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida dinamis layak untuk digunakan.


Keywords


Bahan ajar, inkuiri terbimbing, fluida dinamis, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Hadijah, S., Jamal, M. A., & Salam, A. (2016). Meningkatkan pemahaman konsep banjarmasin melalui pengajaran langsung berbantuan media virtual. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 4 (2), 152-160.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, X(1), 79–88.

Hotang, L. B., Rusdiana, D., & Hamidah, I. (2010). Pembelajaran berbasis fenomena pada materi kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010, 394–402.

Nurdyansyah & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi model pembelajaran. Nizamia Learning Center: Sidoarjo.

Nurjamilah, Sulaeman, N. F., & Komariyah, L. (2017). Pengguan instrumen ordered multiple choice (omc) untuk menilai pemahaman konsep usaha dan energi dengan model pembelajaran discovery di SMAN 1 Long Kali. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 241–253.

Pareken, M., Patandean, A. J., & Palloan, P. (2015). Penerapan model pembelajaran berbasis fenomena terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 214–221.

Rizkyanda, N., & Jamal, M. A. (2013). Meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran berbasis fenomena (PBF). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 60–69.

Sari, L. I., Zainuddin, & Salam, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pemahaman konsep pada materi energi dan perubahannya menggunakan model direct instruction (DI) di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidik, 4(3), 222–227.

Setiawati, M., Zainuddin, & Suyidno. (2013). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 1 (1), 12-20.

Smarabawa, I., Arnyana, I. B., & Setiawan, I. (2013). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–28.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suyidno & Jamal, M.A. (2012). Strategi belajar mengajar. Banjarmasin: Nusa Media bandung.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i3.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats