Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Strategi Motivasi ARCS Dalam Setting Pengajaran Langsung

Diana Lestari, Muhammad Arifuddin, Abdul Salam M

Abstract


Tujuannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPA fisika berbasis strategi motivasi ARCS dalam setting pengajaran langsung yang dikembangkan. Kelayakan dari perangkat pembelajaran tersebut ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Perangkat yang dikembangkan yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi ajar, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkategori valid, kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, dan efektivitas perangkat pembelajaran termasuk pada kategori sedang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA fisika berbasis strategi motivasi ARCS dalam setting pengajaran langsung yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Perangkat pembelajaran, ARCS, Pengajaran langsung

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hake, R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Tahousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66 (1): 64-74.

Kosasih. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Noor, M., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Melalui Model Pengajaran Langsung Dengan Metode Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 328-339.

Palupi, E. W., Yuwono, I., & Muksar, M. (2017). Pengembangan Permainan Kotak Barisan yang Digunakan pada Kegiatan Apersepsi Materi Barisan dan Deret untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 10-16.

Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rooijakkers, Ad. (2010). Mengajar dengan sukses. Jakarta: Grasindo.

Thaybah., Hartini, S., & Mastuang. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Literasi Sains Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Juurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9-12.

Widoyoko, S. (2014). Evalusi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yasir, M., Susantini, & Isnawati. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. BioEdu, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i1.1026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

         

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats