Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Tekanan

Saudah Saudah, Muhammad Arifuddin, Suyidno Suyidno

Abstract


Tingkat pemahaman konsep fisika siswa yang rendah memberikan dampak rendah aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mendiskripsikan cara meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa melalui model PBF. Penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart terdiri dari 2 siklus, yangmencakup perencanaan tindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data melalui observasi keterlaksanaan Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) dan observasi aktivitas siswa, dan tes pemahaman konsep, Kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan: (1) keterlaksanaan RPP pada siklus I maupun siklus II dapat tercapai dengan baik/sangat baik, (2) siklus I aktivitas siswamemperoleh kriteria baik (mendengarkan penjelasan guru dan berdiskusi dengan kelompok) dan kriteria kurang (memberikan pendapat dan mengajukan pertanyaan), mengalami peningkatan pada siklus II menjadi baik/sangat baik, dan (3) secara klasikal ketuntasan pemahaman konsep siswa untuk siklus I sebesar 13,33% (belum tuntas) meningkat pada siklus II menjadi 86,67% (tuntas). Diperoleh simpulan yaitu pemahaman konsep fisika siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin dapat ditingkatkan melalui model PBF pada materi tekanan.


Keywords


Model PBF, pemahaman konsep, tekanan

Full Text:

PDF

References


Hadijah, S., Jamal, M. A., & Salam, A. (2016). Meningkatkan pemahaman konsep banjarmasin melalui pengajaran langsung berbantuan media virtual. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika Vol. 4 (2), 152-160.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, X(1), 79–88.

Hotang, L. B., Rusdiana, D., & Hamidah, I. (2010). Pembelajaran berbasis fenomena pada materi kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010, 394–402.

Nurdyansyah & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi model pembelajaran. Nizamia Learning Center: Sidoarjo.

Nurjamilah, Sulaeman, N. F., & Komariyah, L. (2017). Pengguan instrumen ordered multiple choice (omc) untuk menilai pemahaman konsep usaha dan energi dengan model pembelajaran discovery di SMAN 1 Long Kali. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 241–253.

Pareken, M., Patandean, A. J., & Palloan, P. (2015). Penerapan model pembelajaran berbasis fenomena terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 214–221.

Rizkyanda, N., & Jamal, M. A. (2013). Meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran berbasis fenomena (PBF). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 60–69.

Sari, L. I., Zainuddin, & Salam, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pemahaman konsep pada materi energi dan perubahannya menggunakan model direct instruction (DI) di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidik, 4(3), 222–227.

Setiawati, M., Zainuddin, & Suyidno. (2013). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 1 (1), 12-20.

Smarabawa, I., Arnyana, I. B., & Setiawan, I. (2013). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–28.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suyidno & Jamal, M.A. (2012). Strategi belajar mengajar. Banjarmasin: Nusa Media bandung.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i2.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats