Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Abstract
Minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, minat , dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari 2 siklus setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP secara keseluruhan memperoleh kriteria sangat baik, 2) Minat peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing meningkat dari 74 dengan kriteria baik menjadi 82 dengan kriteria sangat baik, dan 3) Hasil belajar peserta didik meningkat dengan ketuntasan klasikal sebesar 23,3% menjadi sebesar 80%. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiatun, U., & Putra, N. M. D. (2007). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Unnes Physics Education Journal, 4(1), 1–5.
Amalia, Y. F., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2016). Pengembangan bahan ajar ipa fisika berorientasi keterampilan generik sains menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di smp negeri 13 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 183-191.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.
Astuti, L. S. (2017). Penguasaan konsep ipa ditinjau dari konsep diri. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 40–48.
Cahyo, A. N. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar. Yogyakarta: DIVA Press.
Chodijah, S.Fauxi, A & Wulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiryyang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–19.
Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 1–10.
Hapsari, A. D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2018). Implementasi inkuiri terbimbing pada pembelajaran getaran, gelombang dan bunyi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2012), 285.
Kurniasih, I & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013 konsep & penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Marisyah, M., Zainuddin, Z., & Hartini, S. (2016). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa fisika kelas viii b smpn 24 banjarmasin melalui model inkuiri terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 52.
Misbah, M., Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The development of student worksheet by using Guided Inquiry Learning Model to train student's scientific attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1).
Putri, R. A., Mastuang, M., & Salam, M. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3).
Rafiah, R., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2018). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar ipa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3).
Sardiman, S. (2007). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Ulfah, Y., An'nur, S., & Mahardika, A. I. (2015). Hubungan antara minat dan motivasi dengan hasil belajar fisika siswa kelas x sman 10 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 146-153.
Wahyudin., Sutikno & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 58–62.
Wahyuni, I., & Samosir, H. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas viii smp negeri 1 lima puluh tp 2013/2014. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i2.1030
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |