Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Kayuh Baimbai melalui Modul Fisika Bermuatan Kearifan Lokal

Noor Latifah Hasani, Sri Hartini, Syubhan Annur

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains (KPS) yang berkategori kurang baik dan karakter kayuh baimbai yang berkategori cukup baik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan KPS dan karakter kayuh baimbai melalui modul fisika bermuatan kearifan lokal dengan model kooperatif. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin berjumlah 27 orang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar observasi karakter kayuh baimbai, lembar penilaian KPS, dan tes hasil belajar (THB). Hasil penelitian menunjukkan : 1) keterlaksanaan RPP siklus I 80,14% berkategori baik dan pada siklus II 81,99% berkategori sangat baik; 2) KPS pada siklus I 81,13% berkategori baik dan siklus II 91,2% berkategori baik; 3) karakter kayuh baimbai pada siklus I 3,94 berkategori baik dan siklus II 4,4 berkategori baik; dan 4) hasil belajar siswa siklus I 88,90% berkategori tuntas dan siklus II 92,60% berkategori tuntas. Diperoleh simpulan bahwa keterampilan proses sains dan karakter kayuh baimbai siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 6 Banjarmasin pada materi fluida statis meningkat setelah diterapkan modul fisika bermuatan kearifan lokal dengan model kooperatif.

Keywords


Kooperatif, keterampilan proses sains, karakter kayuh baimbai

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Akbar, S. (2015). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Annur, S., Fahrunnisa, H., Salam, A., Mahtari, S., Misbah, M., & Dewantara, D. (2018). Using a physics module with local wisdom in physics learning to train students' independence. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 122-127.

Avianti, R., & Yonata, B. (2015). Keterampilan proses sains melalui penerapan model pembelajaran kooperatif materi asam basa kelas XI SMAN 8 Surabaya. Jurnal of Chemical Education. 04: 224-231.

Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Panduan pengembangan bahan ajar, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan.

Erina, Ri., & Erina, E. (2015) Pengaruh model pembelajaran in stad terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (2) : 202-201.

Geulis, S. A., Ariffudin, M., & Mariam, S. (2018). Meningkatkan hasil belajar IPA fisika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 86-97.

Hapip, A. (1997). Kamus bahasa banjar-indonesia. Banjarmasin: PT. Grafika Wangi Kalimantan.

Hartini, S., Misbah, M., Wahyuni, H., & Dewantara, D. (2017). The effectiveness of physics learning material basen on South Kalimantan local wisdom. AIP Publishing, 1(1), 070006).

Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130-137.

Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. In Journal of Physics: Conference Series , 1088(1), 012045. IOP Publishing

Jannah, J. L., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi ipa 2 sman 10 banjarmasin dengan menggunakan model kooperatif tipe stad pada materi fluida statis. Berkala ilmiah pendidikan fisika. 04 : 43. Banjarmasin : Universitas Lambung Mangkurat.

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jufri, W. (2017). Belajar dan pembelajaran sains. Bandung : Pusaka Reka Cipta.

Karwono, K., Mularsih, H. (2017). Belajar dan pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Prasada.

Komikesari, H., (2016). Peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe stad. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1, 15-22.

Maduriana, I.,M., dan Seniwati, N. P. (2015). Pengembangan bahan ajar ipa sd bermuatan pendidikan karakter berbasis tradisi lisan bali. Jurnal Kajian Bali. 5(2): 369-390 dan 388.

Nurdin, N., Syafruddin, S., & Adriantoni, A. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Berkala ilmiah pendidikan fisika. 5 (3), 272-283.

Prahesti, L. (2017). Pengembangan modul fisika materi fluida bermuatan kebudayaan pasar terapung dan karakter kayuh baimbai untuk sma/ma. Skripsi Sarjana. Banjarmasin (ID): Universitas Lambung Mangkurat.

Pratiwi, W., K., dan Nugrohoseno, D. (2014). Pengaruh kepribadian terhadap kerjasama tim dan dampaknya terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen. 2, 1117-1129.

Sultan, D. A., (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1, 202-208.

Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal hulu sungai selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2).

Wedayanti, N.L.S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar tik siswa kelas xi is 2 sma negri 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, 9, 81-92.

Wiyana, A., S., & Haryanto, S. (2013). Pengaruh pengetahuan ktsp dan pendidikan terhadap kemampuan menyusun rpp guru sdn jatiyoso tahun 2011/ 2012. Jurnal Teknologi Pen didikan, 1(2), 239–248.

Yuliandary, A., Zainuddin, Z., & Wati, M. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas vii b smp negri 1 tamban pada materi ajar kalor menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (tai). Berkala ilmiah pendidikan fisika. 2, 113.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i2.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats