Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sosial Peserta Didik

Girik Jean Fery Yani Bangun, Mustika Wati, Sarah Miriam

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya keterampilan proses sains peserta didik di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan modul fisika menggunakan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains dan sikap sosial peserta didik, dengan tujuan khusus yaitu untuk mendeskripsikan: 1) validitas modul, 2) kepraktisan modul, dan 3) efektivitas modul. Jenis penelitian yaitu R & D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian yaitu peserta didik kelas XI PMIA 1 berjumlah 30 orang. Data diperoleh dari lembar validasi modul, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, lembar pengamatan keterampilan proses sains dan sikap sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) validitas modul dilihat dari hasil lembar validitas ahli akademisi dan praktisi berkategori sangat baik, 2) kepraktisan modul dilihat dari lembar keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik, dan 3) efektivitas modul dilihat dari tes hasil belajar berkategori sedang, pencapaian keterampilan proses sains dilihat dari hasil pengamatan berkategori baik, dan pencapaian sikap sosial dilihat dari hasil pengamatan berkategori baik. Disimpulkan bahwa modul fisika menggunakan model inkuiri terbimbing valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


modul, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, sikap sosial

Full Text:

PDF

References


Amalia, Y. F., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2016). Pengembangan bahan ajar IPA fisika berorientasi keterampilan generik sains menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMP Negeri 13 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 183–191.

Ardi, A., Nyeneng, I. D. P., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 63–72.

Asmarawati, E., Riyadi, R., & Sujadi, I. (2016). Proses integrasi sikap sosial dan spiritual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Purwodadi. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 58–69.

Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan modul IPA dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205–218. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4934

Ayuningtyas, P., W, S. W., & Supardi, A. I. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa siswa SMA pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana, 4(2), 636–647.

Azizah, N., Indrawati, I., & Harijanto, A. (2014). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa kelas X.C di MAN 2 Jember tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 235–241.

Bialangi, M. S., & Kundera, I. N. (2018). Pengembangan sikap sosial dalam pembelajaran biologi : kajian potensi pembelajaran kooperatif. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 138–145.

Elnada, I. W., Mastuang, M., & Salam, A. (2016). Meningkatkan keterampilan proses sains dengan model inkuiri terbimbing pada siswa kelas X PMIA 3 di SMAN 3 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 228–236.

Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan keterampilan proses sains menggunakan model inquiry discovery learning terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69–82.

Hidayat, M. W., Zainuddin, Z., & M, A. S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pada pokok bahasan listrik dinamis menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 21–26.

Majid, A. (2014). Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Marisyah, M., Zainuddin, Z., & Hartini, S. (2016). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA fisika kelas VIII B SMPN 24 Banjarmasin melalui model inkuiri terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 52–63.

Misbah, M., Dewantara, D., Hasan, S. M., & Annur, S. (2018). The development of student worksheet by using guided inquiry learning model to train student’s scientific attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1), 19–26.

Musfiqun, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Puspitasari, D., Swistoro, E., & Risdianto, E. (2017). Pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi getaran gelombang dan bunyi di SMPN 08 kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 38–46.

Riyadi, I. P., Prayitno, B. A., & Marjono, M. (2015). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 80–93.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV, 161–164.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi pembelajaran teori & aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanti, R., Supardi, Z. A. I., & Indana, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana, 6(1), 1255–1264.

Suyidno, S. (2012). Modul P3F. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Matematika dan IPA.

Widoyoko, E. (2016). Evaluasi program pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiguna, A. (2017). Upaya mengembangkan sikap spiritual dan sosial peserta didik berbasis psikologi positif di sekolah. Journal Of Basic Education, 1(2), 47–61.

Wulanningsih, S., Prayitno, B. A., & Probosar, R. M. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 33–43.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i2.1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats