Pengembangan Bahan Ajar Model Penemuan Terbimbing untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amalia, Y. F., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2016). Pengembangan bahan ajar ipa fisika berorientasi keterampilan generik sains menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMP Negeri 13 Bnjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 183–191.
Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (Lks) berbasis keterampilan proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350-365–365.
Ansari, B., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMAN 10 Banjarmasin Dengan Menerapkan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 126–142.
Ardhiantari, W., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. (2015). Pengembangan lks berbasis keterampilan proses sains pada materi hukum-hukum dasar kimia, 4(1), 312–323.
Ariani, M., Hamid, A., & Leny, L. (2015). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid dengan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada siswa kelas xi ipa 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1)., 98–107.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan Modul IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4934
Bangun, G. J. F. Y., Wati, M., & Miriam, S. (2019). Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sosial Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2).
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Daryanto, D., & Dwicahyo, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hake, R. (1998). Analyzing Change/Gain Scores. American Research Association’s Division: Measurement and Research Methodology, 5(2).
Handayani, B. T., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143–154.
Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69–82.
Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran discovery strategy & mental vocational skill. Jogjakarta: Diva Press.
Ilmi, A. N. A., Indrowati, M., & Probosari, R. M. (2012). Pengaruh penerapan metode pembelajran guided discovery terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun pelajaran 2011/2012, 78(1), 1205–1207.
Kantun, S., & Budiawati, Y. S. R. (2015). Analisis tingkat kelayakan bahan ajar ekonomi yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 129–146.
Kholifah, A. N., Kusumaningrum, R., Rinanto, Y., Ramli, M., & Marjono. (2015). Efektivitas guided discovery learning untuk memperbaiki pemahaman konsep siswa SMA pada materi sistem imun.
Komariah, U. H., Arifuddin, M., & Misbah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Di Kelas XI IPA 4 SMAN 11 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 309–327.
Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for curriculum development.
Nieveen, Nienke, & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7
Osnal, O., Suhartoni, S., & Wahyudi, I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester melalui Workshop di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran Pendidikan, 5(1), 67–82.
Permendikbud. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 8 tahun 2016 tentang pedoman buku yang digunakan oleh satuan pendidikan.
Pratiwi, D. (2016). Meningkatkan keterampilan proses sains dengan metode guided discovery pada anak kelompok B Tk Salafiyah Pleret. Pendidikan Guru PAUD S-1, 49–58.
Purwanto, P. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puspitasari, E., Zainuddin, Z., & Annur, S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Getaran Harmonis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3).
Putri, R. A., Mastuang, M., & Salam, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3).
Rahmi, K., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2018). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing suatu upaya meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i1.847
Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran Ipa Smp. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 173–184.
Sahara, L., & Sani, A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Limapuluh, 4(2), 5740–5749. https://doi.org/10.1128/AEM.67.12.5740
Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses. Jakarta: Kencana.
Sartika, S. B. (2015). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Soal IPA Terpadu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Suyidno, S., & Arifuddin, M. (2012). Strategi belajar mengajar. Banjarmasin: Tidak dipublikasikan.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.
Ulumi, D. F., Mariadi, M., & Rinanto, Y. (2015). Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, 7, 68–79.
Widjajanti, E. (2008). Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Guru SMK/MAK. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i3.1040
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |