Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa
Abstract
Penerapan model yang kurang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA berdampak terhadap rendahnya keterampilan sosial siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan secara umum untuk mendeskripsikan cara meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui model make a match pada materi tekanan di kelas VIII E SMP Negeri 4 Banjarmasin. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) keterampilan sosial siswa, dan 3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah siswa 27 orang di kelas VIII E. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan persiklusnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam bentuk angka maupun persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan RPP pada siklus pertama berkriteria cukup baik dengan nilai 1,86 meningkat pada siklus kedua menjadi berkriteria baik dengan nilai 2,58; 2) keterampilan sosial siswa dari nilai 2,04 dengan kriteria kurang baik pada siklus pertama meningkat menjadi nilai 3,03 dengan kriteria baik pada siklus kedua, dan 3) hasil belajar siswa meningkat dari ketuntasan klasikal sebesar 29,63% pada siklus pertama menjadi 88,89% pada siklus kedua. Diperoleh simpulan bahwa keterampilan sosial siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Banjarmasin pada materi tekanan meningkat setelah diterapkan model make a match.
Application of models that are not in accordance with the characteristics of natural science subjects effect the low student social skill. Therefore, research with general purpose to describe how to improve student social skill through make a match at pressure in class VIII E SMP Negeri 4 Banjarmasin. The purpose of research is to describe: 1) the implementation of lesson plan, 2) student social skill, and 3) student learning outcomes. This type of research is classroom action research with 27 total student at class VIII E. This research consist of two attendance per cycle. Technique of collecting data through observation and result test. The result showed that: 1) overall implementation of the RPP first attendance good enough criteria with value 1,86 increased to good criteria with value 2,58, 2) student social skill from 2,04 value with not good criteria in first attendance increased to 3,03 value with good criteria, and 3) student learning outcomes increase from 53,57% in first attendance to 89,28% in second attendance with complete category. Be councluded that student social skill VIII E SMP Negeri 4 Banjarmasin at material pressure increased after implementation models make a match
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriyani, A., Maryanto, A., & Nurohman, S. (2016). Pengaruh model cooperative learning tipe make a match dalam pembelajaran ipa terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar kognitif siswa SMP. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 5(9).
Arsyad, A., An’nur, S., & Hartini, S. (2014). Meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1).
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Education Objectives Handbook I: Cognitive Domain. New York: David MsKay.
Dewantara, D., Jamal, M. A., & Annur, S. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Jorong melalui pembelajaran kooperatif tipe somatic auditory visual and intellectual pada pokok bahasan impuls dan momentum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 159–168.
Fatimah, S., Arifuddin, M., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3).
Febriana, A. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ips siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2).
Fitriani. (2017). Penerapan model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 2.
Fitriani, F., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi kelas X1 SMAN 1 Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan, 4(2).
Fitriani, F., Wahjoedi, W., & Towaf, S. M. (2018). Penerapan model kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12).
Indrastuti, W., Utaya, S., & Irawan, E. B. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(8).
Isjoni. (2012). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Ismawati, N., & Hindarto, N. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1).
Juhji, J. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran ipa. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(7).
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, D., An’nur, S., & Wati, M. (2014). Meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3).
Lie, A. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Lovisia, E. (2017). Penerapan model make a match pada pembelajaran fisika kelas X SMA Negeri 2 Kota Lubuklinggau. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(1).
Maharani, D. tri, Okti, & Kristin, F. (2017). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ips melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Muhammad, M. (2019). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Quran Hadist Kelas IV di MI Darul Ulum Lemah Putih Wringinanom Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2).
Nurfitasari, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match. Basic Education, 7(31).
Nurhidayah, R. S., Kurnia, D., & Sudin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).
Rahmah, S., Arifuddin, M., & Suyidno, S. (2014). Meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparta, D. G., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. N. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1).
Syaodih, E. (2007). Pengembangan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan sosial. Educare, 5(1).
Zahroul, C., & Nur, W. (2015). Model pembelajaran kooperatif teknik make a match sebagai upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Pedagogi, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i3.1263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |