Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) IPA Terintegrasi Islam

Devi Vitrianingsih, Ita Aulianingsih, Hadma Yuliani

Abstract


Pengembangan e-module pada pembelajaran IPA perlu dilakukan pada saat pandemi covid-19 sekarang ini untuk membantu siswa memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi sumber belajar yang digunakan siswa dalam memahami materi pembelajaran fisika selama masa pandemi covid-19; 2) mengidentifikasi sumber belajar yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran fisika; 3) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan e-module terintergrasi Islam materi energi tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix method research). Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D (define, design, development). Namun penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap define (definisi). Metode pengumpulan data dengan angket secara online kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Parenggean yang berjumlah 19 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengumpulan angket dapat disimpulkan bahwa; 1) sumber belajar yang digunakan dalam memahami materi pembelajaran fisika selama masa pandemi covid antara lain: Buku paket, E-book, LKS, dan media internet; 2) sumber belajar berupa e-module perlu dikembangkan dalam pembelajaran fisika khususnya materi energi guna membantu siswa dalam belajar dan memahami materi. 3) sebanyak  74% siswa tidak mengetahui modul dapat dijadikan sebagai sumber belajar, sebanyak 100% siswa memerlukan pengembangan e-module terintegrasi Islam pada materi energi, dan sebanyak 89% siswa menyatakan bahwa e-module terintegrasi Islam dapat membantu dalam memahami materi pembelajaran fisika khususnya materi energi.

 

The development of e-modules on science learning needs to be developed during the current Covid-19 pandemic to help students understand learning. The research aims to: 1) know the source of learning that students use in understanding the materials for learning physics during the tenure of proverbs covid-19; 2) knowing what learning resources need to be developed in the study of physics; 3) describe an analysis of Islam's deep-space energy materials needed e-module development analysis. The type of research done is research and development (R&D) with research methods used is 3D research methods (define, design, complexity); it is restricted to the level of define. Data collection method with a questionnaire online to class VII in public school 1 Parenggean group of 19. The method of analysis used is qualitative descriptive analysis. The completion of the questionnaire collection was concluded that; 1) the source of learning that is used in understanding physics learning materials during the sub cubed is among these: the package books, e-books, student worksheet, and the internet media; 2) learning resources of an e-module need to be developed in special physical study of energy materials to help students learn and understand the material; 3) as many as 74% of students do not know the module can be used as a learning source, as many as 100% students require the development of an Islamic integrated e-module on energy materials, and as many as 89% of students state that Islamic integrated e-module can help in understanding the physics in particular energy-matter.

 


Keywords


Analisis kebutuhan; E-module; Terintegrasi Islam

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, R., Corebima, A. D., & Rohman, F. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik Pada Mata Kuliah Genetika Di Universitas Negeri Malang. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 729–752).

Bakri, F., Rasyid, R., & Mulyaningsih, R. D. A. (2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 67–74.

Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(1), 47–56.

Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–54.

Husna, A., Hasan, M., Mustafa, Syukri, M., & Yusrizal. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Integrasi Islam- Sains Pada Materi Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education), 8(1), 55–66.

Istiqomah, R. M., Kurniawan, E. S., & Sriyono. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Masalah Menggunakan Android Untuk Meningkatkan Kemamuan Evaluasi Siswa. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1).

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Sistem Respirasi. Didektika Biologi:Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 1–9.

Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real SMK Teknologi & Rekayasa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1).

Mardiana, Akhyar, M., & Musadad, M. M. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa di SMA Negeri 3 Bolo Terhadap Bahan Ajar Bergambar pada Materi Plantae. In Prosiding of ICCERS (pp. 11–18).

Masrizal. (2012). Mix Method Research. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 6(1).

Nisriana, N., Gunawan, G., & Raharjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 66–72.

Payudi, & Ertikanto, C. (2015). Deskripsi Analisis Kebutuhan Pembelajaran Fisika Sub Pokok Bahasan Efek Fotolistrik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E- Journal) SNF 2015, 4, 131–136.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Prihandoko, A., Anggraito, Y. U., & Halimah, S. (2020). The Development Of Al-Qur’an And Hadith Integrated Science Module To Improve Student’s Religious Character. Jounal Of Innovation Science Education, 10(2), 152–157.

Ridwan, Adnan, & Bahri, A. (2018). Pengembangan e-module biologi berbasis nilai iman dan taqwa pada siswa MA kelas XI. In Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sari, F. A. (2019). Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Swasta Darul Iman Kabupaten Aceh Tenggara. UIN Ar-Raniry.

Sidiq, D. A. N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Palemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progress Pendidikan, 1(3), 243–250.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. 161–164).

Zannah, F. (2020). Integrasi Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (Integration Of The Values Of Character Education Based On The Qur’an). Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Dasar, 5(2), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats